BINUS UNIVERSITY

    Informasi Kuliah Management dengan 10 Prospek Karir Menjanjikan

    Management merupakan salah satu program studi di fakultas ekonomi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Management juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Jurusan management menjanjikan prospek karier kerja terbaik untuk masa depan. Kuliah jurusan management termasuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kuliah jurusan management menjadi salah satu yang diidamkan para pelajar selepas lulus SMA. Salah satu daya tariknya adalah jenjang karier setelah lulus kuliah. Jika kamu ingin mengambil kuliah jurusan manajemen tak ada salahnya mengenal seluk beluk tentang jurusan ini.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan Management di BINUS University antara lain: Management Information Systems for Leader, Business Mathematics, Macroeconomic, Introduction to Management and Business, Business Communication, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Pancasila, Introduction to Accounting, Microeconomics, Human Resources Management, Legal Aspect in Economics, Excel for Business, Indonesian Language, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building Kewarganegaraan, Business Statistics, Managerial Economics, Managerial Accounting, Entrepreneurship Ideation, Marketing Management, Business and Organization, Business Development Management, Character Building : Agama, Business Ethics, Research Methodology, Industrial and Organization Psychology, Enrichment Program dan Thesis. (bbs.binus.ac.id)

    Prospek Karir

    Jurusan Management sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Karena dalam menjalankan sebuah organisasi diperlukan manajemen yang baik demi mencapai visi organisasi. Sebenarnya tidak hanya sebuah organisasi, setiap manusia mengambil keputusan dengan menjalankan manajemen di dalam hidupnya. Maka dari itu, ilmu manajemen sangat penting untuk dipelajari. Berikut prospek karir untuk Prodi Business Management BINUS University diantaranya adalah:

    1. Akuntan : Meskipun profesi ini terkesan agak ‘berat’ untuk kamu yang kurang menyukai pelajaran Matematika, Akuntan ibarat tulang punggug perusahaan. Mereka adalah yang paling pertama dipekerjakan saat perusahaan baru berjalan dan yang paling akhir dikeluarkan saat perusahaan jatuh atau gulung tikar. Biasanya, yang memilih profesi Akuntan adalah mahasiswa yang kuliah manajemen dengan peminatan khusus manajemen keuangan. Menyukai Matematika adalah kewajiban bila ingin lancar menjalani profesi ini. Selain itu, bila kamu punya skill bahasa asing, kamu bisa diterima bekerja di perusahaan mana pun di dunia.
    2. Manajemen Trainee : siapa yang tidak mau menjadi jajaran staf manajemen trainee di perusahaan besar? Kamu bisa menjadi salah satu tim elit milik perusahaan yang bertugas melakukan pelatihan pada peserta yang akan menjadi manajer di perusahaan tersebut.
    3. Manajer Keuangan : kamu juga bisa memiliki karir menengah ke atas sebagai seorang manajer keuangan. Gaji yang ditawarkan perusahaan besar untuk posisi elit Kamu bisa mencapai kisaran 25-35 juta rupiah per bulan tergantung kapasitas perusahaan tempat Kamu bekerja.
    4. Manajer SDM : kamu juga bisa menjadi seorang manajer SDM di perusahaan besar yang berani memberikan gaji puluhan juta rupiah per bulan. Tentu kemampuan Kamu di bidang ini tidak perlu diragukan lagi.
    5. Manajer Pemasaran : peluang kerja untuk mahasiswa lulusan manajemen bisa menduduki jabatan menjadi seorang manajer pemasaran. Semakin ahli dan mampu mempengaruhi publik untuk membeli layanan produk atau jasa, maka perusahaan akan memberikan imbalan semakin besar.
    6. Konsultan Perbankan : peluang bekerja sebagai konsultan perbankan sangat terbuka lebar untuk para lulusan Manajemen. Jangan heran jika prospek kerja ini menawarkan gaji besar mulai belasan juta hingga puluhan juta rupiah untuk jenjang waktu karir tertentu.
    7. Konsultan Bisnis : Pekerjaan ini termasuk yang paling sering dipikirkan oleh mereka yang mengambil kuliah Manajemen. Apakah kamu termasuk salah satunya? Banyak yang setelah lulus dari kuliah Manajemen, mereka langsung melamar kerja di perusahaan multinasional atau ke luar negeri sekalian. Gaji seorang Konsultan Bisnis bermacam-macam, tergantung dengan perusahaan tempat mereka bekerja.
    8. Dosen : profesi Dosen sering dianggap sebagai profesi yang cukup mulia.Pasalnya, ada banyak tanggung jawab yang dibebankan pada profesi ini. Tidak hanya memberikan ilmu akademis saja, dosen juga dituntut membantu para mahasiswanya untuk mengembangkan cara berpikir mahasiswa.
    9. Pengusaha : Seorang pengusaha merupakan tipe orang yang mandiri dan mau bekerja keras untuk kesuksesan bisnis dan perusahaannya. Selain seorang pengusaha harus memiliki insting dan kemampuan mengelola usaha dengan baik. Lulusan manajemen tidak hanya terpatok menjadi seorang pekerja namun bisa pula menjadi pengusaha. Tentu tidak ada gaji yang ditawarkan sebab Kamu yang menentukan sendiri berapa nilai omzet yang diinginkan.
    10. Front Officer di Bank: Kamu yang kuliah Manajemen dapat mempertimbangkan profesi ini, misalnya menjadi seorang Teller atau Customer Service. Kehadiran ATM hingga online bankingsaat ini tidak secara otomatis menghapus peran manusia dalam menjadi seorang Teller maupun Customer Service. Buktinya, hingga saat ini masih banyak sekali orang yang mengantri di bank, terutama pada saat jam makan siang.

    Universitas Bina Nusantara (BINUS) hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Management melalui kurikulum program manajemen dirancang sebagai antisipasi terhadap dinamika persaingan global dengan membutuhkan kepemimpinan organisasi dan keterampilan entrepreneurship berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dan mampu untuk terus beradaptasi melalui inovasi yang dapat berkontribusi bagi masyarakat.

    Program studi S1 management ini, dapat mengembangkan pengetahuan mahasiswa dalam mengelola manajerial perusahaan dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah untuk mengatasi situasi yang menantang. Dalam hal ini, materi kurikulum akan menekankan seni bisnis, inovasi dan pemikiran strategis yang diperlukan untuk menjadi manajer atau pemimpin bisnis. Para lulusan Universitas Bina Nusantara (BINUS) diharapkan dapat mengatasi tantangan bisnis melalui kompetensi berikut: kemampuan untuk mengembangkan dan mengelola bisnis, kemampuan untuk menerapkan aplikasi teknologi informasi dalam bisnis, kemampuan untuk mengejar bisnis ekonomi digital, kemampuan untuk mengoptimalkan kemampuan dan kapasitas organisasi dan sumber dayanya.

    Lulusan management Universitas Bina Nusantara (BINUS) akan memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan penggunaan sistem informasi manajemen dan kesiapan untuk bekerja di berbagai bidang baik secara nasional maupun internasional. Kurikulum Management Universitas Bina Nusantara (BINUS) juga menyediakan skema dan platform melalui Program (2+1)+1 , yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktis dan manajerial sesuai dengan syarat industri sebagai bekal untuk memasuki dunia industri ketika lulus nanti dalam menghadapi persaingan global di bidang bisnis. Program (2+1)+1  menggunakan model pembelajaran multi-channel yang mana mahasiswa akan memiliki sesi tatap muka di kelas, melakukan pembelajaran mandiri dengan menggunakan buku teks, e-book, materi video dan pembelajaran online kolaboratif. Metode ini dimaksudkan untuk mendorong mahasiswa untuk belajar secara mandiri dengan memanfaatkan semua akses dan teknologi yang tersedia.