BINUS UNIVERSITY

    Hal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Sukses, Apakah Kamu Sudah Memiliki Hal Tersebut?

    Jakarta, 13 Agustus 2020 – Setiap orang di dunia pasti ingin meraih kesuksesan, tetapi perlu kita ketahui apa itu sukses? Makna dari kesuksesan ini dapat memberikan arti yang beragam. Menurut Pak Johan, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development, “Sukses itu adalah membuat kehidupan menjadi lebih baik, tidak hanya kehiduan kita, tetapi juga mampu untuk membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik. “tentunya sebelum membuat kehidupan orang menjadi lebih baik, kehidupan kita juga harus lebih baik.

    Faktor untuk bisa sukses, pertama mempunyai impian yang besar menjadi kunci untuk sukses, ketika kita mmepunyai impian dan cita – cita yang tinggi, kita akan memiliki semangat yang tinggi untuk bangun di pagi hari. Menurut Pak Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M.Buss (Acc)., Ph.D. selaku Dean Faculty of Economics & Communication, “mempunyai impian dan cita – cita yang besar itu adalah hal yang sangat penting. “yang kedua, jangan pernah menyerah ketika punya impian dan berusaha mewujudkannya.

    Setiap pengetahuan yang kita dapatkan dari semasa sekolah sampai kuliah ataupun bekerja, semua harus di aplikasikan agar dapat membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik. Untuk mengaplikasikan pengetahuan, pastinya dibutuhkan interaksi dengan orang lain sehingga dapat menumbuhkan softskills. Itulah alasannya kenapa dalam dunia pekerjaan tidak hanya dibutuhkan hardskills, tetapi juga dibutuhkan softskills. Karena ketika kita mengaplikasikan pengetahuan tersebut dibutuhkan softskills.

    Masa perkuliahan itu adalah sebuah journey untuk mencapai kesuksesan. Menurut Pak Johan, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development, “untuk menjadi sukses bukan hanya kepintaran yang kita butuhkan, tetapi juga mempunyai kepedulian dan integritas. “kenapa kita harus peduli? Karena kita harus bisa membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik, sehingga kita bisa mengaplikasikan hal tersebut.

    Oleh karena itu, BINUS UNIVERSITY mempunyai suatu kualitas lulusan yang disebut dengan Graduate Atribute. Selama 4 tahun menjalankan perkuliahan mahasiswa sama – sama belajar untuk mengembangkan Graduate Atribute tersebut. Ada 3 komponen yang terdapat dalam Graduate Atribute, yang pertama ada komponen hard skills, ini adalah hal yang pasti karena setiap kita kuliah untuk mendapatkan pengetahuan mengenai technical skills. Yang kedua yaitu komponen softskills, yang secara terstruktur dikembangkan secara bersama – sama. Selain itu, ada juga komponen yang tidak terstruktur, yaitu dengan mengikuti berbagai kegiatan. Yang terakhir adalah komponen karakter, karena karakter termasuk hal yang penting adanya.

    Organisasi dalam perkuliahan dikatakan penting karena dalam organisasi tersebut kita belajar softskills. Softskills tidak bisa dipelajari, tetapi harus dirasakan dan dipraktekkan. Selain dengan organisasi kemahasiswaan, di BINUS UNIVERSITY juga banyak membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan peran lebih dalam mempelajari softskills tersebut, dengan menjadi mentor, tutor, dan pendamping mahasiswa.

    Oleh karena itu, sebagai mahasiswa dan calon mahasiswa kita harus memiliki softskills untuk bisa menerapkan hal – hal yang kita dapatkan semasa sekolah dan perkuliahan ini. Kita tidak bisa hanya mengandalkan hardskills untuk mencapai kesuksesan tersebut.