BINUS UNIVERSITY

    Enrichment Program, Inovasi BINUS@MALANG Menyiapkan Kompetensi BINUSIAN dalam Dunia Kerja

    Kesuksesan seseorang dalam dunia kerja tidak hanya bergantung pada keahlian teknis (hard atau technical skill), namun juga bergantung pada keahlian non-teknis atau soft skill. Dalam menunjukkan keseriusannya untuk mengasah keahlian teknis dan non-teknis mahasiswanya, BINUS menggagas program inovatif yang disebut Program (2+1)+1. Program (2+1)+1 disiapkan untuk BINUSIAN untuk memberikan pengalaman belajar multikampus dan pengalaman profesional di luar kampus.

    Teknis program ini adalah mahasiswa akan menjalani perkuliahan di kampus masing-masing selama dua tahun. Satu tahun berikutnya, mahasiswa mengikuti perkuliahan di kampus BINUS@Greater Jakarta atau di BINUS@Bandung. Program perkuliahan di kampus BINUS@Greater Jakarta yang diikuti oleh BINUSIAN asal BINUS@MALANG disebut Mobility Program. Setelah Mobility Program, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program untuk mendapatkan pemaparan dan pengalaman belajar langsung di lapangan. Terdapat lima track yang dapat dipilih oleh BINUSIAN, antara lain internship, entrepreneurship, research, study abroad, dan community development.

    Tifanny Felicia Aureline, BINUSIAN asal BINUS@MALANG dari program studi Public Relations, turut membagikan cerita pengalamannya menjalankan internship di Jakarta. Menurut Tifanny, banyaknya pilihan perusahaan-perusahaan di Jakarta yang mendorong rasa penasarannya, mendorong dirinya untuk menjalankan internship di Jakarta. Pengalaman kerja dan hidup sebagai anak rantau di kota besar juga mendorongnya untuk memilih melaksanakan internship-nya di Jakarta. Selama menjalankan internship-nya di Kawan Lama Jakarta, Tifanny mendapatkan berbagai benefit, yaitu banyaknya pengalaman dan insight baru yang tidak bisa didapatkan di kota asalnya, serta semakin paham dan mengenali dengan bagaimana culture suatu korporat.

    Tifanny juga semakin memahami lifestyle serta karakter orang Jakarta dan dapat langsung menerapkan ilmu yg dipelajari di kampus. Kedepannya, Tifanny berharap bahwa dirinya bisa lebih cepat mendapatkan karir yang layak dari pengalamannya selama mengikuti internship.

    “Semoga Enrichment Program selama 2 semester ini terus berjalan karena program ini sangat membantu mahasiswa dalam mendapatkan pengalaman lebih dibanding mahasiswa-mahasiswa kampus lain.” Ungkap Tifanny.