BINUS UNIVERSITY

    Desain Smart Living dan Adaptasi Teknologi sebagai Inovasi Desain Interior di Era Industri 4.0

    Di Era Revolusi Industri 4.0 ini, desain interior masih menjadi salah satu bidang ilmu yang diminati. Sentuhan humanis, orisinalitas, dan kreativitas dari seorang interior designer menjadi sesuatu yang masih terus dicari di tengah gencarnya penggunaan artificial intelligence, robotic technology, serta Internet of Things (IoT) untuk menggantikan pekerjaan manusia. Selain memadukan teknis desain dengan estetika, di era kini para desainer interior juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menciptakan desain-desain terbaiknya. Kebutuhan dari setiap individu yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan zaman, juga harus mampu dipahami oleh desainer interior dalam menciptakan suasana yang mendukung, efektif, sekaligus memiliki taste seni yang apik.

     Sebagai universitas yang adaptif dengan kemajuan teknologi, BINUS@MALANG menghadirkan Program Studi (prodi) Interior Design yang memadukan ilmu seni dan teknik tentang ruang yang sesuai dengan kebutuhan manusia di Era Industri 4.0. Prodi Desain Interior BINUS@MALANG ditujukan bagi mereka yang memiliki minat dalam desain interior kreatif. BINUSIAN dipersiapkan untuk menjadi desainer yang memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah serta pengetahuan dan pengalaman dalam merancang skala hunian sampai dengan ruang publik. Materi pelajaran disiapkan agar BINUSIAN bisa beradaptasi dengan teknologi terbaru, menggabungkan antara teori dan pengetahuan praktis.

    Setelah lulus, BINUSIAN prodi Desain Interior BINUS@MALANG akan memiliki kompetensi untuk merancang dari skala perumahan hingga perhotelan, desain pertokoan, desain perkantoran, desain pameran, desain furnitur, aksesori interior. BINUSIAN juga didukung untuk mampu menguasai teknologi terbaru dalam desain interior yang mengutamakan kearifan lokal, ramah lingkungan, dan memiliki kemampuan untuk bersaing secara global. Prodi Desain Interior BINUS@MALANG menghadirkan stream yang berfokus pada sistem smart living yang ramah lingkungan. Stream ini diberi nama Smart Living & Environmental Design dengan kurikulum yang mendukung BINUSIAN agar memiliki kompetensi global dan penguasaan teknologi.

    Selain dengan kurikulum, BINUS@MALANG juga memperkaya wawasan BINUSIAN dengan menghadirkan Mobility Program dan Minor Program. Mobility Program merupakan bagian dari Program (2+1)+1, dimana BINUSIAN mengikuti 2 tahun pembelajaran di BINUS@BANDUNG, 1 tahun di kampus kota lain, dan 1 tahun program Enrichment. Melalui program ini, BINUSIAN dapat belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis yang sama dengan kampus yang ada di GREATER JAKARTA sekaligus memperluas jaringan koneksinya.

    Program Minor juga diciptakan untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan BINUSIAN, dimana BINUSIAN dapat mengambil mata kuliah yang diluar program studi utamanya. Prospek karir yang dapat digeluti oleh BINUSIAN lulusan prodi Desain Interior antara lain Interior Design Consultant, Interior Design Contractor, Furniture and Home Accessories Designer, Manufacturer of Interior Product and Accessories, Product Designer, Workshop Owner, Gallery Owner, Visual Merchandiser, Design Book Writer dan masih banyak lagi. BINUS@MALANG berharap dapat terus melahirkan designer-designer yang berwawasan luas, mampu beradaptasi dengan perubahan, serta kreatif dan inovatif tanpa melupakan sisi kemanusiaan dari seni dan teknik mendesain. Desainer Interior dari BINUS@MALANG juga diharapkan selalu memperhatikan aspek lingkungan dalam setiap karyanya agar kelestarian lingkungan senantiasa terjaga.