BINUS UNIVERSITY

    Computer Science BINUS@BANDUNG Siap Jawab Tantangan Baru Revolusi Industri 4.0

    Dunia saat ini sedang berada pada Era Revolusi Industri 4.0, artinya perkembangan teknologi kian melesat dan kini sudah banyak teknologi yang menggantikan peranan manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan. Teknologi-teknologi seperti Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) semakin mengalami kemajuan yang pesat. Meski begitu, peluang sumber daya manusia di bidang ilmu Teknologi Informasi atau IT justru semakin besar. Teknologi yang dimanfaatkan di segala industri justru mendorong munculnya kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menciptakan. mengimplementasikan, dan menggunakannya dengan baik. Tantangan lainnya dalam Era Revolusi Industri 4.0 adalah bagaimana menjadikan teknologi sebagai alat yang mendukung dan bukan alat yang menggantikan. Dibutuhkan SDM yang kompeten tidak hanya secara teknis, namun juga secara softskill.

    Dalam menjawab tantangan tersebut, BINUS@BANDUNG telah menghadirkan Program Studi (Prodi) S1 Computer Science atau yang sering dikenal juga dengan sebutan IT. Prodi ini merupakan bagian dari School of Computer Science BINUS UNIVERSITY yang menekankan pembelajaran pada proses dan teknik untuk mengembangkan sistem berbasiskan komputer. Prodi Computer Science BINUS@BANDUNG memiliki lima peminatan yang dapat dipilih, antara lain IoT (Internet of Things), Game Application Technology (GAT), Mobile Application Technology (MAT), Intelligence System, dan Cyber Security. Peminatan IoT berokus pada teknik dan pengembangan aplikasi komunikasi antara komputer dan perangkat elektronik IoT, untuk menghasilkan lingkungan yang pintar.

    Peminatan GAT berfokus pada teknik dan pengembangan aplikasi permainan berbasiskan teknologi yang aplikatif dan bermanfaat. Kemudian, peminatan MAT berfokus pada pada teknik dan pengembangan aplikasi yang diimplementasikan pada perangkat bergerak / mobile sebagai solusi berbasiskan teknologi. Lalu, peminatan Intelligence System berfokus pada berfokus pada metode mengembangkan sistem cerdas yang dapat diimplementasikan pada berbagai bidang yang didukung oleh teknologi. Peminatan Cyber Security berfokus pada teknik dan konsep keamanan sistem dalam teknologi komputer, teknologi yang dijaga dengan sistem keamanan yang baik. Bagi BINUSIAN BINUS@BANDUNG dapat mengikuti peminatan GAT, MAT, Intelligence System, dan Cyber Security di kampus BINUS yang ada di Jakarta melalui Mobility Program.

    Mobility Program sendiri merupakan bagian dari Program (2+1)+1, dimana BINUSIAN mengikuti 2 tahun pembelajaran di BINUS@BANDUNG, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun program Enrichment. Mobility Program ini memberikan ruang dimana BINUSIAN dapat belajar dengan kurikulum, fasilitas, dan berbagai hal-hal lain terkait bidang akademis dan non-akademis yang sama dengan kampus GREATER JAKARTA. Tidak hanya itu, BINUS@BANDUNG juga menawarkan pilihan Minor Program dimana BINUSIAN dapat mengambil mata kuliah di luar program studinya.

    Program ini bertujuan untuk memperkaya wawasan para BINUSIAN agar dapat semakin unggul dalam bersaing. Selain itu, melalui Minor Program ini BINUSIAN dapat menggali minat dan bakatnya di luar dari prodi utama yang diikuti. Setelah lulus dari Prodi IT BINUS@BANDUNG, BINUSIAN dapat menempuh berbagai pilihan karier yang luas seperti Software Engineer/Developer, System Analyst/Developer, Web Engineer/Security Specialist, Artificial Intelligence Specialist, Data Scientist, IT Researcher, Multimedia Programmer, Lecturer/Trainer, serta berbagai pilihan karier lainnya. Dengan prodi Computer Science ini, diharapkan akan semakin banyak lahir ahli-ahli di bidang teknologi informasi yang terampil secara teknis maupun non-teknis, mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, dan bahkan menjadi pionir dalam memajukan teknologi. Para BINUSIAN juga diharapkan dapat menjadi bagian dalam membina dan memberdayakan Indonesia dan dunia global sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.