BINUS UNIVERSITY

    Business Creation BINUS UNIVERSITY, Mempersiapkan Entrepreneur Inovatif dan Berkontribusi bagi Masyarakat Luas

    Jakarta, 24 Agustus 2020 – Dunia kewirausahaan dan kemajuan teknologi merupakan dua hal yang berjalan beriringan. Tanpa menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dalam era digital dalam Industri 4.0 saat ini, para wirausaha tidak akan dapat mencapai target pasarnya secara optimal. Selain itu, dalam memahami prospek usaha apa yang bisa diciptakan, para wirausaha harus senantiasa melakukan observasi perilaku konsumen yang sebagian besar sudah beralih ke dunia digital. Bisnis digital beberapa tahun belakangan ini telah menjadi sebuah tren usaha yang cukup menggiurkan dikarenakan meningkatnya penggunaan internet dan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone (Yudianto, 2019).

    Pada era digital ini penciptaan bisnis yang dapat menyediakan lapangan kerja, juga merupakan hal yang penting. Dalam mewujudkan terciptanya bisnis-bisnis yang kreatif, inovatif, dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat luas, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program studi (prodi) Business Creation yang merupakan bagian dari BINUS Business School – Undergraduated Program. Prodi Business Creation tersedia di BINUS@GREATER JAKARTA. Program ini dirancang secara khusus untuk menghasilkan lulusan yang mampu memulai, menjalankan dan menumbuhkan bisnis baru (start-up) dan juga dirancang dengan menyeimbangkan antara teori dan praktik, serta diajarkan oleh dosen dan mentor yang berpengalaman dalam praktik bisnis.

    Mata kuliah-mata kuliah yang ditawarkan oleh prodi Business Creation telah disesuaikan dengan kebutuhan akan kompetensi di era digital. Beberapa mata kuliah yang tersedia antara lain Creative and Innovative Thinking, Business Risk Analysis, New Venture Creation, Business Plan, Entrepreneurial Strategy, Managing Growing Business, Digital Marketing, Hospitality & Service Excellent, Legal Aspect in Economics, Operational Management, serta berbagai mata kuliah manajerial lainnya. Selain itu, BINUSIAN prodi Business Creation juga dibekali dengan pendidikan karakter melalui mata kuliah Character Building Pancasila, Kewarganegaraan, serta Agama.

    Pembelajaran bahasa Inggris dan Indonesia untuk keterampilan komunikasi di bidang bisnis juga diajarkan kepada para BINUSIAN prodi Business Creation. Setelah mengikuti pembelajaran BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program dimana BINUSIAN berkesempatan untuk memperkaya wawasan dan menambah pengalaman dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, maupun dalam menjadi entrepreneur. Setelah mengikuti Enrichment Program, BINUSIAN wajib melaksanakan Business Start-Up Report sebagai tugas akhir kelulusannya.

    Prospek karier yang dapat ditempuh oleh BINUSIAN setelah lulus dari prodi Business Creation BINUS UNIVERSITY antara lain Entrepreneur, Intrapreneur, Pengembang Bisnis, Perencana Bisnis, Konsultan Bisnis, dan masih banyak lagi. Dalam menempuh karier menjadi entrepreneur, BINUSIAN diharapkan dapat berkontribusi menciptakan berbagai lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan bangsa. Para entrepreneur juga diharapkan mampu membina dan memberdayakan masyarakat menjadi sumber daya manusia yang mampu bersaing dan memanfaatkan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 ini.