BINUS UNIVERSITY

    Ambil Program Studi Business Information Technology di BINUS? Ini 5 Pilihan Prospek Karir Terbaik!

    Bisnis dan teknologi informasi merupakan dua hal yang berkaitan. Di era saat ini teknologi memiliki peran yang besar bagi aktivitas manusia. Sehingga pengaruh teknologi informasi tidak bisa diremehkan, karena proses globalisasi yang berjalan begitu cepat yang mempengaruhi pada pola pikir maupun perilaku manusia. Hampir setiap pekerjaan di dunia bisnis saat ini menuntut akan pengetahuan teknologi di segala bidang seperti: akuntansi, marketing, keuangan maupun manajemen pasti membutuhkan pengetahuan yang berhubungan dengan komputer. Dengan semakin bergantungnya bisnis terhadap penggunaan teknologi, maka para ahli yang memiliki ilmu teknologi terapan di dunia bisnis yang akan menjadi kunci di sebuah perusahaan.

    Business Information Technology adalah program yang mempersiapkan mahasiswa dengan keahlian dalam pengembangan Teknologi Informasi untuk memecahkan masalah bisnis, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat menjembatani kesenjangan antara Teknologi Informasi dan kebutuhan bisnis dalam permintaan tinggi di sektor industri, konsultasi, penelitian dan pemerintah. Kurikulum yang ditawarkan untuk program ini yaitu Bisnis dan Teknologi Informasi. Business Information Techonolgy telah dirancang dengan menggabungkan 3 fokus area: Business Analystic, Social Media, dan IT entrepreneurship yang analisis bisnis yang berfokus pada dua aspek organisasi untuk memainkan peran dalam membantu penilaian kerja dan strategi bisnis dengan hasil yang diharapkan dapat memfasilitasi prosedur yang sangat baik dan daya saing yang berkelanjutan dalam organisasi.

    Mata Kuliah

    Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Business Information Technology antara lain: Character Building Pancasila, Introduction to Financial Accounting, Business Process Fundamental, Information System Concept, Introduction to Programming, English in Focus, English for Business Presentation, Introduction to Database System, Management Information System, Business Statistics, User Experience, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Kewarganegaraan, Business Application Development, Enterprise System, Information Systems Analysis and Design, Service Management Fundamental, Social Media Fundamental, Data and Information Management, Character Building : Agama, Advanced information System Analysis and Design, Testing and System Implementation, Business Intelligence, Social Informatics, Mobile Application Development, Research Methods in Information Systems, Knowledge Management, Entrepreneurship Market Validation, Advanced in Business Application Development, Business Analytics, Current Issue in Business and Technology, Information Systems Project Management, Enrichment Program I, Enrichment Program II, dan Thesis. (sis.binus.ac.id)

    Mata kuliah yang telah dipelajari diatas, akan memberi kemudahan mahasiswa lulusan Business Information Technology dalam menguasai keahlian dalam pengembangan Teknologi Informasi untuk memecahkan masalah bisnis baik secara teori maupun praktik.

    Prospek Karir

    Saat ini peranan teknologi sangat besar bagi masyarakat. Contohnya hampir seluruh sektor usaha membutuhkan orang-orang yang berkecimpung di bidang Information Technology (IT). Secara otomatis, banyak lowongan pekerjaan yang tersedia di bidang IT. Sebab pada dasarnya, mereka sangat dibutuhkan. Berikut terdapat prospek karir yang menunjang program studi Business Information Technology BINUS University, yaitu diantaranya:

    1. Business Analyst : Bagi perusahaan-perusahaan besar, keberadaan business analyst bukan hal asing karena mereka membutuhkan analisa yang lebih mendalam akan kegiatan bisnis mereka agar bisa mencapai target sesuai harapan bahkan lebih. Seorang business analyst bertanggung jawab dalam menjembatani kesenjangan antara Teknologi Informasi dan bisnis menggunakan analitik data untuk menilai proses, menentukan persyaratan, dan memberikan rekomendasi dan laporan berbasis data kepada eksekutif atau pemangku kepentingan.
    2. Web Analytics Consultant : Perusahaan besar sangat membutuhkan seseorang yang mampu menganalisa web nya secara mendalam agar dapat mencapai target perusahaan. Seorang Web Analytics Consultant bertanggung jawab membantu klien membuat dan menerapkan cara untuk memanfaatkan situs web mereka dengan mengawasi komponen situs web perusahaan, termasuk mengembangkan indikator kinerja utama dan menyiapkan laporan analisis.
    3. System Analyst : seseorang yang bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis dan teknologi komputer).
    4. Software Developer : Lowongan pekerjaan sebagaisoftware developer bisa jadi salah satu alternatif pilihan profesi bagi mahasiswa lulusan Business Information Technology. Software developer merupakan seseorang yang bertugas untuk membangun serta menciptakan suatu produk, sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak.
    5. Administrative Assistant : bagian yang sangat penting dalam sebuah perusahaan dalam skala apapun. Administrative Assistant sebagai posisi yang membantu atau menunjang agar proses administrasi dalam suatu perusahaan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan agenda dan permintaan perusahaan. Posisi ini juga hampir sama dengan posisi Executive Administrative Assistant.

    BINUS University hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Business Information Technology melalui kurikulum program yang dirancang menggabungkan tiga bidang fokus seperti Analisis Bisnis, Media Sosial, dan Kewirausahaan berbasis Teknologi Informasi. Program studi Business Information Technology dijadikan sebagai antisipasi terhadap dinamika persaingan global dengan membutuhkan kepemimpinan organisasi dan keterampilan entrepreneurship berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mampu untuk terus beradaptasi melalui inovasi dengan melibatkan berkontribusi bagi masyarakat.

    Program studi Business Information Technology memberikan mahasiswa keahlian dan keterampilan untuk pengembangan Teknologi Informasi dalam memecahkan masalah bisnis. Lulusan program studi Business Information Technology (S1) diharapkan dapat mengatasi kesenjangan antara teknologi informasi dan kebutuhan Bisnis yang sangat dituntut dalam persaingan di lingkungan bisnis. Program studi Business Information Technology ini menyiapkan mahasiswa dengan keahlian dalam pengembangan Teknologi Informasi untuk memecahkan masalah bisnis serta bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat menjembatani kesenjangan antara Teknologi Informasi dan kebutuhan bisnis dalam permintaan tinggi di sektor industri, konsultasi, penelitian dan pemerintah. Kurikulum yang ditawarkan untuk program ini yaitu Bisnis dan Teknologi Informasi.