BINUS UNIVERSITY

    Pencanangan Visi BINUS 2035 pada Dies Natalis BINA NUSANTARA ke-39; Wujud Komitmen Dalam Pembangunan Bangsa Melalui Pendidikan

    Jakarta, 1 Juli 2020 – Di tengah situasi kenormalan baru akibat pandemi COVID-19, BINA NUSANTARA melaksanakan Dies Natalis yang ke-39 sekaligus Perayaan Menuju 40 tahun BINUS Berkarya secara virtual melalui Zoom. Acara ini sekaligus sebagai momen atas puncak pencapaian Visi BINUS 2020 dan menuju visi BINUS 2035 yaitu “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.” Acara ini diikuti oleh 5,449 BINUSIAN yang terdiri dari Pimpinan, staff, dosen, dan mahasiswa.

    Dibuka dengan sambutan dari Bapak Bernard Gunawan selaku Ketua Yayasan BINA NUSANTARA, Beliau menuturkan “BINUS bertransformasi seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman menuju BINUS 2035. Kita akan melakukan transformasi secara holistik, komperehensif dan strategis. Transformasi ini secara luas mulai dari people, knowledge, sumber daya, teknologi, systems dan proses dalam membangun dan menjaga kesinambungan integrasi BINUS ke depan”.

    Acara dilanjutkan dengan update pencapaian BINUS 2020 dari Bapak Stephen Wahyudi Santoso selaku Chief Operating Officer BINA NUSANTARA, Prof. Harjanto Prabowo selaku Rektor BINUS UNIVERSITY, dan Bapak Michael Wijaya Hadipoespito selaku President of BINUS School Education.

    Perkembangan BINUS selama BINUS 2020 sangat pesat dipresentasikan oleh sebuah video singkat yang disuguhkan Bapak Stephen sebelum pemaparan tentang pencapaian BINUS sejak tahun 2005 hingga 2020. “Kita sudah lihat bersama perkembangan jumlah komunitas Binusian kita, baik aktif maupun alumni, yang berkembang luar biasa dalam 15 tahun terakhir. Ini bukan hanya suatu angka, tapi bagi kita ini merupakan bentuk nyata karya, peran dan tanggung jawab kita membina dan memberdayakan Nusantara.” Ujar Beliau.

    President of BINUS School Education, Bapak Michael Wijaya juga memaparkan pencapaian dan prestasi BINUS School yang kini memiliki 3 lokasi yaitu di Simprug, Serpong, dan Bekasi. “Menuju visi 2035, BINUS School akan memfokuskan kepada 4 hal yang masing-masing memiliki penekanan tersendiri yaitu; Student, institution, global recognition, dan society. Diharapkan di tahun 2035 BINUS School Education akan dapat membina sebanyak 15,000 anak didik.” Pungkasnya.

    Pemaparan lebih detail tentang pencapaian BINUS 2020 dalam lingkup pendidikan tinggi disampaikan oleh Prof. Harjanto Prabowo selaku Rektor BINUS UNIVERSITY. ”Terima kasih atas kerja keras BINUSIAN serta dukungan dari pemerintah, masyarakat, serta partner industri sehingga milestones visi BINUS 2020 berhasil kita capai. Kemampuan BINUS untuk memberikan ruang serta kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan diri, berinovasi, dan empowering the society menjadikan ciri utama BINUS 2035, BINUS sebagai cerminan Indonesia.” Papar Prof. Harjanto.

    Acara inti berupa seremoni pencanangan Visi BINUS 2035 dan pemotongan tumpeng sebagai syukur atas hari jadi BINUS yang ke-39 yang dilakukan oleh Bapak Carmelus Susilo, dan didampingi oleh Bapak Stephen Wahyudi Santoso, Prof. Harjanto Prabowo, Bapak Michael Wijaya, Bapak George Hadipoespito, serta jajaran Direktur BINA NUSANTARA.

    Di hari jadi BINUS ke-39 ini, diperkenalkan dan juga sekaligus pelepasan Robot NAYAKALARA yang terdiri dari Robot Desinfectan dan Delivery and Monitoring Robot yang akan disalurkan ke beberapa Rumah Sakit di Jakarta, Bandung, Malang, Pekalongan, dan Malang. Robot ini adalah wujud kontribusi Prof. Widodo yang juga salah satu Guru Besar di BINUS UNIVERSITY dan dibantu oleh tim dosen dan didanai oleh Research & Technology Transfer BINUS  UNIVERSITY. Robot ini adalah salah satu kontribusi keilmuan yang diberikan BINUS kepada masyarakat.

    Acara ini adalah awal dari rangkaian kegiatan Menuju 40 Tahun BINUS Berkarya. Selama setahun ke depan, akan banyak dilangsungkan kegiatan yang berfokus kepada pemberdayaan komunitas dan masyarakat, seperti Free webinar, BINUSIAN Care Program, Pembinaan UKM dan kewirausahaan, hingga kolaborasi dengan partner industri.