BINUS UNIVERSITY

    PARAMABIRA Hadirkan Konser Tahunan Secara Inovatif dengan ‘Virtual Concert Ring of Songs PARAMABIRA’

    Musik merupakan salah satu bentuk hiburan bagi hampir seluruh masyarakat dunia di masa pandemi ini (Roiz, 2020). Apabila dulu pertunjukkan musik dapat dengan leluasa diselenggarakan secara offline tanpa protokol kesehatan tertentu, kini di era kenormalan baru para musisi dan penyelenggara acara musik harus lebih kreatif dalam mengadakan pertunjukkannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pertunjukkan konser secara virtual dan kolaborasi secara digital. Dengan begini, para musisi dapat terus menyalurkan karya-karyanya dan para pendengar pun tetap dapat menikmati suasana keintiman dan euphoria konser. Tidak hanya para musisi dan professional di bidang musik saja yang beralih ke dunia online, unit-unit kegiatan mahasiswa di kampus yang bergerak di bidang musik pun juga turut menyalurkan karya-karyanya secara virtual.

    Paduan Suara Mahasiswa BINA NUSANTARA atau PARAMABIRA merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang baru saja berhasil menggelar konser secara virtual. PARAMABIRA sendiri selalu memiliki agenda tahunan yang dinanti-nantikan, yaitu Konser Tahunan PARAMABIRA. Di tahun-nya yang ke-8 ini PARAMABIRA menggelar konser tahunannya secara virtual dengan judul ‘Virtual Concert Ring of Songs PARAMABIRA’. Konser ini ditayangkan secara langsung melalui Youtube channel PARAMABIRA Choir pada tanggal 12 Juli 2020 lalu. Pertunjukkan musik ini dipandu oleh Rainier Revireino selaku Music Director PARAMABIRA. Sesuai dengan judulnya, konser virtual ini menampilkan lagu-lagu apik dari berbagai negara di dunia yang menunjukkan kualitas tinggi dari para anggota PARAMABIRA.

     “Dan dengan ini, persembahan musik kami hendaknya jadi penawar kerinduan untuk bermusik secara nyata, juga membawa harapan dan mengingatkan kita selama kita mau, dan selama kita tidak berhenti, tak ada situasi yang terlalu sulit untuk dihadapi.” Ungkap Vincent Hartanto selaku Ketua PARAMABIRA 2020 dan Ketua Pelaksana ‘Virtual Concert Ring of Songs PARAMABIRA’

    ‘Virtual Concert Ring of Songs PARAMABIRA’ ini sukses menghibur lebih dari 7.600 penonton yang menyaksikan melalui Youtube. Kedepannya, diharapkan seluruh BINUSIAN dapat mengikuti kreatifitas dan kegigihan PARAMABIRA dalam menyalurkan karya-karyanya yang menghibur meski di tengah tantangan pandemi COVID-19. Adanya protokol kenormalan baru diharapkan dapat memberikan dorongan bagi BINUSIAN untuk menjadi lebih inovatif di bidangnya masing-masing, sekaligus tetap berkontribusi secara positif bagi orang-orang di sekitarnya. Semangat fostering dan empowering BINUS tidak boleh pudar meski dihadapkan oleh berbagai rintangan yang sulit.