BINUS UNIVERSITY

    Merasakan Serunya Kelas Kuliah melalui “Trial Class Program with Computer Engineering Program BINUS UNIVERSITY “

    Jakarta, 13 Juni 2020 – BINUS UNIVERSITY sebagai universitas yang bervisi membina dan memberdayakan para generasi muda, berinisiatif untuk mengadakan program trial class via online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meetings. Sesuai dengan tujuan trial class pada umumnya, acara ini ditujukan untuk memperkenalkan program studi yang ada di BINUS UNIVERSITY kepada para calon mahasiswa/I. Program studi (prodi) yang mengadakan trial class online kali ini adalah prodi Computer Engineering yang merupakan bagian dari Faculty of Engineering, BINUS UNIVERSITY. Pada kesempatan ini, Bapak Wiedjaja Atmadja, S. Kom, M. Kom. selaku dosen dari prodi Computer Engineering, hadir sebagai pengajar utama yang memberikan pemaparan mengenai Internet of Things (IoT). Dalam pemaparannya, Bapak Wiedjaja menyampaikan bahwa IoT pada dasarnya adalah benda yang terhubung dengan internet, terdapat dua kata kunci, yakni benda atau things dan internet.

    Tujuan dari IoT pada dasarnya adalah untuk mengirimkan data dari “benda” ke server dan menerima data dari server. Tujuan utamanya tentu adalah untuk mempemudah pekerjaan dari user-nya dan meningkatkan kualitas kerja secara keseluruhan. Selain pengertian dan kegunaannya, Bapak Wiedjaja juga menyampaikan berbagai hal terkait IoT seperti komponen-komponennya, prospek IoT di tengah Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan automatisasi dan digitalisasi, serta berbagai contoh aplikasi IoT dalam kehidupan sehari-hari. Tidak berhenti sampai di situ, Bapak Wiedjaja juga memberikan pengajaran langkah-langkah membuat alat pengontrol peralatan listrik berbasis IoT menggunakan aplikasi di smartphone. Pengajaran diawali dengan pemaparan secara teori dan dilanjutkan dengan pemaparan praktek melalui video. Topik mengenai IoT ini sangat menarik bagi kurang lebih 50 peserta yang hadir, terlihat dari antusiasme peserta dalam menyampaikan pertanyaan-pertanyaan. Berbagai pertanyaan yang diajukan pun sangat beragam, mulai dari perbedaan computer engineering dengan computer science hingga tips dan trik supaya dapat menerapkan IoT dengan aman menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

    Selain Bapak Wiedjaja, turut hadir pula Bapak Jimmy Linggarjati, S.Kom., M.Sc., selaku Research Coordinator Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY. Dalam presentasinya, Bapak Jimmy menyampaikan berbagai topik terkait prodi Computer Engineering, antara lain area spesialisasi yang dapat ditekuni dalam industri, area spesialisasi computer engineering di BINUS UNIVERSITY, dan prospek karier yang dapat ditempuh. Bapak Jimmy juga turut menjawab berbagai pertanyaan peserta terkait pengalaman belajar di prodi computer engineering, apa saja yang harus dipersiapkan, topik dan kelas apa saja yang ditawarkan, dan masih banyak lagi. Adanya trial class ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda Indonesia untuk berkecimpung di dunia computer engineering. Revolusi Industri 4.0 yang mengutamakan automatisasi dan digitalisasi saat ini pun, membutuhkan ahli-ahli yang dapat menciptakan ide-ide berlian dalam bidang teknologi, terutama IoT. Talenta yang dihasilkan juga diharapkan berkembang tidak hanya dari sisi teknis, tetapi juga dari sisi softskill. Trial class secara daring ini juga diharapkan mampu memacu semangat para calon mahasiswa/I lebih lagi dalam menggali minat dan bakatnya, sehingga dapat menjatuhkan pilihan yang paling tepat bagi masa depannya.