BINUS UNIVERSITY

    Kontribusi Nyata BINUS UNIVERSITY bagi Dunia Pendidikan Indonesia melalui Aplikasi WeKiddo

    Jakarta, 1 Juni 2020 – Dalam menempuh perjalanannya membina Nusantara, BINUS UNIVERSITY telah mencanangkan visi terbarunya. Visi BINUS 2035 tersebut berbunyi “World Class University Fostering and Empowering the Society in Building and Serving the Nation”. Di dalam kalimat visi tersebut terdapat dua kata kunci utama yang menjadi acuan BINUS UNIVERSITY dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikannya, yaitu fostering atau membina serta empowering atau memberdayakan. Membina dan memberdayakan Indonesia tentunya tidak hanya dilakukan dalam kata-kata saja, namun juga melalui tindakan nyata dalam kehidupan sehari. Selain dengan mempersembahkan kualitas belajar mengajar berkelas dunia bagi para Binusian, BINUS UNIVERSITY juga bertekad untuk berkarya secara nyata untuk masyarakat Indonesia secara lebih luas.

    Salah satu bentuk karya nyata tersebut disalurkan melalui aplikasi WeKiddo, suatu aplikasi yang berfokus pada pendidikan anak usia wajib belajar (SD-SMA), dimana orang tua juga dapat berkontribusi secara langsung dalam memantau progress pendidikan buah hatinya. Aplikasi ini merupakan sebuah karya hasil kerja keras empat mahasiswa BINUS UNIVERSITY dari Program Studi Teknik Informatika. Keempat mahasiswa pendiri WeKiddo tersebut terdiri dari Ferry Irawan selaku CEO WeKiddo, William Chandra selaku COO WeKiddo, Jani Khatwani selaku CMO WeKiddo, dan William Nover selaku CTO WeKiddo. Keempatnya mulai terinspirasi untuk membuat aplikasi ini saat sedang melaksanakan intership yang merupakan bagian dari Program Enrichment (2+1) +1 BINUS UNIVESRITY. Dalam perkembangannya, aplikasi ini telah berhasil mendukung ratusan sekolah-sekolah di berbagai daerah di Indonesia dalam melaksanakan online learning di tengah pandemi COVID-19.

    Bahkan, dari sebelum diberlakukannya kewajiban belajar dari rumah kepada seluruh sekolah-sekolah di Indonesia akibat adanya pandemi ini, WeKiddo telah sukses mengimplementasikan aplikasinya di sekolah-sekolah dari berbagai tingkatan demi meningkatkan kualitas belajar mengajarnya. Fitur WeKiddo tidak hanya sebagai platform ruang belajar virtual, namun juga sebagai sarana monitoring para orang tua atau wali dari siswa/I yang sedang belajar. Kedepannya, akan semakin banyak fitur-fitur yang melengkapi aplikasi WeKiddo dalam memfasilitasi kontribusi orang tua dalam pendidikan anak-anaknya. Kemudian, dalam rangka mengantisipasi hambatan implementasi selama masa pandemi COVID-19 ini, WeKiddo juga telah menyesuaikan langkah-langkah implementasi bagi sekolah-sekolah yang ingin menggunakan aplikasi ini.

    Dengan adanya aplikasi WeKiddo ini, diharapkan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia bisa semakin baik dan merata. Di era Revolusi Industri 4.0 ini, penting bagi para generasi muda untuk semakin tanggap akan teknologi-teknologi baru yang dapat dimanfaatkan. Dengan adanya aplikasi ini, para generasi muda Indonesia dapat dengan sedini mungkin memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif, seperti untuk menempuh pendidikan. Kontribusi orang tua dalam pendidikan anak-anaknya juga diharapkan dapat semakin berkualitas degan adanya platform yang hadir sebagai bukti nyata semangat fostering dan empowering ini.