Jakarta, 22 Juni 2020 – Pandemi COVID-19 masih menjadi masalah utama masyarakat global saat ini. Selain dengan vaksin dan obat, upaya menekan penyebaran virus dapat juga dilakukan melalui penerapan social distancing maupun physical distancing; membatasi kunjungan ke tempat ramai dan juga menjaga jarak fisik sesuai dengan protokol Kesehatan. Prihatin dengan kondisi ini, Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., IPM., beserta tim yang dikoordinasi dan didanai oleh Research & Technology Transfer BINUS  UNIVERSITY menciptakan NAYAKALARA yang terdiri dari Food Delivery and Monitoring Robot dan Robot Desinfektan sebagai bentuk kontribusi dan pengabdian masyarakat di masa pandemi COVID-19. NAYAKALARA memiliki arti Prajurit yang bertempur melawan wabah penyakit yang berjangkit serempak di muka bumi.

Pada (22/6), BINUS UNIVERSITY mendonasikan NAYAKALARA ke 2 Rumah Sakit di Jakarta. Yang pertama adalah RSUD Koja yang diterima oleh dr I Gede Bagus Nyoman Banjar selaku Direktur RSUD Koja. NAYAKALARA dilanjut didonasikan kepada RSPI Sulianti Saroso dan diterima oleh dr Siti Pratiekauri,Sp.Par.K. Dalam kesempatan tersebut Prof. Widodo menjelaskan langkah penggunaan kedua robot agar dapat secara maksimal digunakan dalam operasional Rumah Sakit.

Food Delivery and Monitoring Robot membantu tenaga medis dalam mengirimkan makanan ke ruangan pasien covid-19 serta membawa sisa makanan, dikendalikan jarak jauh menggunakan wifi berbasis smartphone. Dapat menyinari UV di ruangan pasien dan ruang lainnya. Tersedia fasilitas Video Conference antara tenaga medis di ruang operator robot dengan pasien menggunakan teknologi Zoom.

Sedangkan Robot Desinfektan dapat menyemprot disinfektan dalam jarak hingga 6 meter, dengan tangki disinfektan berkapasitas 8 liter. Dikendalikan menggunakan smartphone (bluetooth), pengguna dapat melakukan sterilisasi ke titik-titik yang rentan akan penyebaran virus.

“Saat ini telah diproduksi 20 robot dan akan didonasikan kepada Rumah Sakit Jakarta, Bekasi, Bandung, Pekalongan, dan Jawa Timur. Kita ingin robot ini dapat terus diperbanyak dan diberikan secara gratis ke Rumah Sakit. Hendaknya ke depan, semua rumah sakit menggunakan robot buatan Indonesia,” harapan Prof. Widodo atas NAYAKALARA. “Semoga kontribusi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Rumah Sakit sebagai upaya menanggulanggi wabah Covid-19,” demikian disampaikan oleh Prof. Tirta N. Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D. selaku Vice Rector in Research & Technology Transfer.

Donasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen BINUS UNIVERSITY dalam semangat fostering and empowering the society dari hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Komitmen tersebut selalu ditegaskan oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rektor BINUS UNIVERSITY dalam berbagai kesempatan.

 

Info lebih jauh, silakan mengunjungi Microsite NAYAKALARA:

https://binus.ac.id/siaga-covid19/nayakalara/