Pada 13 Juni lalu Huawei Indonesia dan Universitas Bina Nusantara menyelenggarakan seminar online yang membahas peran AI dalam mengatasi Covid-19. Tema yang diangkat pada seminar online tersebut adalah ‘The Role of Artificial Intelligence and Robotic on Covid-19 Pandemic’. Pada kesempatan tersebut Huawei Indonesia juga memperkenalkan Atlas Intelligent Computing Platform yang membantu mengembangkan aplikasi berbasis AI untuk mendeteksi Covid-19.

Seminar online tersebut merupakan wujud sinergi antara dunia akademik, industri dan pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 bersama. Ratusan peserta ikut serta pada seminar, yang mencakup pelajar, dokter, pelaku industri kesehatan, pegawai pemerintahan dan masyarakat umum. Seminar ‘The Role of Artificial Intelligence & Robotic on Covid-19 Pandemic’ merupakan kolaborasi Huawei Indonesia dengan berbagai pihak. Pihak-pihak lain mencakup:

  • Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia (ASPEKTI)
  • Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • Bee Embedded Research Group (BERG)
  • IEEE Student Branch Bina Nusantara
  • Jurusan Sistem Komputer Universitas Bina Nusantara
  • Program Doktoral Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara
  • RIG Intelsys
  • The Indonesia Section Computer Society Chapter
  • Indonesian Artificial Intelligence Society (IAIS)

Para tokoh yang hadir mencakup DR. Ir. Hammam Riza MSc. (Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Prof. Tirta Nugraha, M.Sos.,MM, Ph.D (Wakil Rektor Universitas Bina Nusantara), Frederick Zhang Bei (Director of Intelligent Computing Cloud and AI Business, Huawei Indonesia) dan Dr. Suryadiputra Liawatiamena (Manager Bee Embeded Research Group/BERG, Universitas Bina Nusantara).

Peran AI dalam Penanganan Covid-19

“Huawei telah meluncurkan strategi AI sejak Oktober 2019, bersamaan dengan digelarnya Huawei Connect. Kami akan fokus pada kolaborasi-kolaborasi berbasis AI untuk membangun ekosistem AI global. Huawei Indonesia juga telah menerbitkan AI Inception Plan untuk pemerintah, para mitra ISV (Independent Software Vendor) AI, dan universitas,” ucap Frederick.

Program pelatihan di bidang AI tersebut memungkinkan Huawei Indonesia menghubungkan industri dengan universitas dengan menjawab kebutuhan SDM di bidang AI. Pelatihan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang AI. Huawei Indonesia menyediakan pelatifhan, platform dan kolaborasi teknis bidang AI untuk berkontribusi bagi talenta AI Indonesia dengan AI Inception Plan.

source : https://www.teknogav.com/2020/06/huawei-atlas-intelligent-computing-platform.html?m=1