BINUS UNIVERSITY

    Tetap Produktif dan Semangat Melaksanakan Intership Meski #dirumahaja

    Jakarta, 18 Mei 2020 – Bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan work from home (WFH) saat ini sudah dilaksanakan oleh jutaan tenaga kerja di Indonesia selama 2 bulan belakangan. Kondisi yang baru tersebut merupakan dampak dari merebaknya wabah COVID-19, dimana perkantoran-perkantoran diwajibkan untuk menerapkan kebijakan WFH bagi karyawannya sebagai salah bentuk dari social distancing. Hampir seluruh lapisan masyarakat yang bekerja di berbagai industri barang maupun jasa diharuskan untuk bekerja dari rumah, terkecuali para essential worker seperti contohnya tenaga kesehatan, pegawai toko retail dan grosir, serta jasa pengantar barang. Mahasiswa dan mahasiswi BINUS UNIVERSITY yang saat ini sedang melaksanakan Program Unggulan (2+1)+1 BINUS pun juga diwajibkan untuk melaksanakan kegiatannya dari rumah.

    Program Unggulan (2+1)+1 BINUS merupakan program yang dicanangkan oleh BINUS UNVERSITY. Dengan mengikuti Program Unggulan ini, para Binusian dapat mangikuti perkuliahan selama 2 tahun di kampus BINUS@BANDUNG, kemudian memilih 1 tahun perkuliahan di kampus BINUS@GREATER JAKARTA atau BINUS@MALANG (optional), dan 1 tahun mengikuti program Enrichment. Salah satu pilihan program Enrichment yang dapat dipilih oleh para Binusian adalah kegiatan internship atau magang. Pada program internship ini, Binusian berkesempatan untuk bekerja langsung di berbagai perusahaan baik nasional maupun internasional selama 2 semester. Binusian akan bekerja di kantor tempat perusahaan-perusahaan tersebut beroperasi. Namun karena adanya pandemi COVID-19 ini, para Binusian diharuskan untuk melakukan pekerjaannya di tempat internship dari rumah atau work from home.

    Meski begitu, BINUS UNIVERSITY tetap memastikan bahwa para Binusian terus dapat mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berguna untuk di dunia kerja nantinya. BINUS UNIVERSITY juga memastikan bahwa bimbingan program Enrichment bersama dengan dosen pembimbing dari kampus tetap berjalan dengan baik agar kegiatan magang tetap berjalan dengan maksimal. Bimbingan dapat dilakukan secara online melalui BINUSMAYA atau melalui berbagai platform lain seperti Zoom Meetings, Microsoft Teams, dan Google Classroom. Salah satu Binusian dari program studi DKV BINUS@BANDUNG yang saat ini sedang menjalankan internship, Sebastian Adrian, berpendapat bahwa kegiatan magangnya tetap berjalan dengan lancar. Sebastian juga menyampaikan cara-cara agar ia tetap semangat melakukan work from home.

    “Dalam mengikuti perkembangan keadaan, maka saya harus bekerja dari rumah atau work from home. Saya bekerja sambil mendengarkan music untuk membantu mengeluarkan ide-ide kreatif mulai dari brainstorming, membuat sketsa, dan lain-lain.” Ujar Sebastian.

    Diharapkan bagi para Binusian agar tetap semangat dan produktif dalam menjalankan kegiatan intership meski dengan cara bekerja dari rumah. Berbagai platfrom yang disediakan oleh BINUS UNIVERSITY niscaya dapat mendukung Binusian untuk tetap maksimal dalam menjalankan work from home.