BINUS UNIVERSITY

    Semangat Binusian Jalani Program Enrichment (2+1) +1 from Home

    Jakarta, 18 mei 2020 – Tidak terasa, sudah 2 bulan lebih masyarakat di Jakarta menjalankan sebagian besar kegiatannya dari rumah akibat adanya pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih bertambah jumlah kasus positifnya. Seluruh kalangan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja dan pengusaha, harus melaksanakan aktivitasnya dari rumah. Selain itu, terhitung sejak Jumat, 10 April 2020 lalu, Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Beskala Besar atau PSBB dengan tujuan mencegah dan mengatasi pandemi COVID-19 ini. Sejauh ini, PSBB ditetapkan akan berakhir pada 22 Mei 2020 (merdeka.com, 2020).

    Dalam mematuhi anjuran serta kebijakan pemerintah, BINUS UNIVERSITY turut menetapkan kebijakan bagi para Binusian untuk melaksanakan kegiatan belajar dan bekerjanya dari rumah. Seluruh Binusian, mulai dari mahasiswa/I, dosen, hingga karyawan diminta untuk melaksanakan online learning dan work from home (WFH). Binusian yang saat ini sedang menjalankan Enrichment (2+1) + 1 pun juga harus melaksanakan program tersebut dari rumah. Program Enrichment (2+1) + 1 sendiri merupakan program yang digagas oleh BINUS UNIVERSITY dalam rangka memperkaya para Binusian dengan pengalaman praktek langsung di lapangan sebelum akhirnya lulus dan terjun ke dunia kerja. Track atau pilihan program ini sendiri dibagi menjadi lima track, yakni Internship, Entrepreneurship, Study Abroad, Community Development, dan Research.

    Salah satu Binusian yang saat ini sedang menjalankan Program Enrichment (2+1) + 1 track Internship, Gabriela Lim, menyampaikan bahwa kebijakan dari kantor tempatnya melaksanakan internship mengharuskan para karyawannya untuk bekerja dari rumah. Tidak hanya itu, Gabriela juga menyampaikan bahwa BINUS UNIVERSITY turut menyesuaikan bentuk tugas dan pelaporan kegiatan magang para Binusian yang saat ini harus dilakukan dari rumah.

    “Di internship ini, selain kita mendapatkan tugas-tugas dari tempat kita bekerja, kita juga mendapat tugas-tugas dari dosen pembimbing. Nah tugas-tugas dari dosen pembimbing ini, setiap bulannya kita harus kumpulkan secara online. Nah, secara online-nya itu melewati BINUSMAYA. Karena kita sekarang lagi work from home, makanya ada WFH Report Template.” Ungkap Gabriela.

    Penyesuaian report template bertujuan agar para Binusian tetap dapat melaporkan hasil kerjanya kepada dosen pembimbing magang secara jelas dan rinci meskipun Binusian tidak dapat bekerja langsung di kantor tempat magang masing-masing. Dengan adanya berbagai penyesuaian assignments dan report template tersebut, diharapkan Binusian yang sedang menjalankan Program Enrichment (2+1) + 1 saat ini tetap mampu melakoninya dengan maksimal. Berbagai tugas baik dari kampus maupun dari luar kampus diharapkan dapat dituntaskan dengan baik. Binusian dapat memanfaatkan berbagai platform yang disediakan oleh BINUS UNIVERSITY dan juga menciptakan suasana kerja yang tetap kondusif secara kreatif dan inovatif. Suasana kerja yang kondusif sangatlah penting untuk diciptakan agar produktivitas Binusian tidak menurun walaupun harus menjalankan Enrichment (2+1) + 1 dari rumah saja.