BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Komunikasi dan Menjaga Pikiran dari Stress dalam Melaksanakan Skripsi di Tengah Pandemi COVID-19

    Jakarta, 18 Mei 2020 – Pandemi COVID-19 yang saat ini sedang terjadi, memiliki dampak yang sangat luas. Seluruh lapisan masyarakat turut merasakan dampaknya, mulai dari sisi kesehatan hingga ekonomi. Mahasiswa tingkat akhir yang saat ini sedang berjuang untuk menyelesaikan skripsinya merupakan salah satu pihak yang terdampak dengan adanya pandemi ini. Para mahasiswa/I tidak dapat berkonsultasi secara langsung dengan dosen pembimbingnya karena harus melaksanakan physical distancing. Mahasiswa/I juga harus mampu memotivasi dirinya untuk tetap semangat menjalankan skripsi dari rumah saja. Kebebasan untuk mengerjakan di perpustakaan, café, ataupun co-working space menjadi tidak ada.

    Memahami penting dan beratnya proses menjalankan skripsi bagi para mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhir, BINUS UNIVERSITY memastikan berbagai platform dan fasilitasnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan skripsi tetap dapat diakses dengan baik. Bagi para Binusian yang sedang melengkapi literature review di dalam skripsinya, Library and Knowledge Center BINUS UNIVERSITY menyediakan layanan daring atau online untuk peminjaman buku-buku di perpustakaan. Kemudian, BINUS UNIVERSITY juga menyediakan akses gratis ke berbagai platform jurnal dan e-book internasional. Platform-platform yang dapat diakses secara gratis tersebut antara lain Emerald Publishing, Taylor & Francis Online, Harvard Business Review, dan masih banyak lagi.

    Para Binusian juga dapat terus berkonsultasi dengan dosen pembimbingnya melalui berbagai platform online seperti BINUSMAYA dan Zoom Meetings. Platform lainnya seperti email, dan aplikasi WhatsApp juga dapat digunakan Binusian untuk berkomunikasi dengan dosen pembimbing ataupun rekan sekelompok skripsi. Salah seorang Binusian yang saat ini sedang menjalankan skripsi, Theresia Diana, menyampaikan bahwa meski harus dari rumah saja, skripsi tetap dapat dilaksanakan dengan baik dan selesai tepat waktu.

    Nah, kita tetap dapat update progress skripsi melalui Forum BINUSMAYA atau ngelakuin bimbingan dengan platform-platform yang ada di smartphone atau di laptop kayak Skype, Zoom, WhatsApp, atau email.” Ujar There.

    Dengan berbagai akses yang disediakan oleh BINUS UNIVERSITY ini, para Binusian yang sedang menjalankan skripsi diharapkan tetap dapat mengerjakannya dengan maksimal dan dengan pikiran yang tenang. Meski proses pengerjaan skripsi merupakan proses yang berat serta banyak menguras tenaga dan pikiran, menumbuhkan pola pikir agar tidak stress sangatlah penting agar dalam jangka panjang kesehatan Binusian tetap terjaga dengan baik. Binusian juga didorong untuk semakin aktif berkomunikasi dengan dosen pembimbing agar perkembangan skripsi tetap berjalan dengan lancar dan Binusian bisa saling menyemangati satu sama lain.