BINUS UNIVERSITY

    Menikmati dan Mensyukuri Hal-Hal Kecil yang Dapat Binusian Lakukan Selama Masa Online Learning

    Jakarta, 18 Mei 2020 – Semenjaknya diberikannya pernyataan resmi mengenai kasus positif COVID-19 di Indonesia, sebagian besar perusahaan dan lembaga pendidikan memutuskan untuk melakukan kegiatannya dari rumah. Baik itu bekerja, belajar, hingga beribadah sekalipun. Hal tersebut sejalan pula dengan kebijakan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk melakukan pembatasan sosial berskala besar atau disebut juga PSBB. Beberapa kota di Indonesia telah menerapkan kebijakan PSBB guna mencegah semakin meluasnya penularan virus COVID-19. Dengan tujuan menjaga kesehatan, keamanan, dan kenyamanan para mahasiswa/I serta civitas academica-nya, BINUS UNIVERSITY pun telah menerapkan kegiatan learning from home serta work from home semanjak pertengahan Maret lalu.

    Dalam menerapkan kebijakan online learning serta WFH tersebut, BINUS UNIVERSITY tentunya tidak lupa untuk menyediakan berbagai platform dan fasilitas yang dapat digunakan oleh para mahasiswa, dosen, dan karyawan selama masa pandemi ini. Mulai dari platform BINUSMAYA, BINUS Mobile Apps, BINUS Online, dan BCS. Selain itu, terdapat pula virtual meeting platform yang dapat dimanfaatkan oleh para Binusian seperti Microsoft Teams, Zoom Meetings, dan Google Classroom. Dengan adanya berbagai platform dan fasilitas tersebut, masih ada cara lain yang dapat dipadukan oleh para Binusian agar online learning serta WFH-nya semakin berjalan maksimal. Cara ini lebih mengarah pada perhatian akan kesehatan mental dan pikiran para Binusian selama masa ini.

    Dalam era pandemi dimana Binusian harus melakukan kegiatannya dari rumah, Binusian dapat lebih memperhatikan dan mensyukuri hal-hal kecil yang ada dalam diri kita dan juga sekitar kita. Dengan fasilitas dan platform yang sudah disediakan oleh BINUS UNIVERSITY, para Binusian tentunya dapat mengurangi rasa cemas akan kelancaran jalannya online learning dan WFH-nya, dan memberikan perhatian lebih bagi kesehatan dan kesejahetaraan pikiran dan mentalnya. Salah satu hal kecil yang dapat kita syukuri adalah bagaimana kita dapat beristirahat sejenak di sela-sela bekerja atau belajar dengan cara yang lebih cocok dengan diri kita, dimana cara tersebut mungkin tidak dapat dilakukan di kantor.

    Kevin Chelsie, yang merupakan Binusian 2022 dari Program Studi DKV BINUS@MALANG turut menyampaikan bagaimana ia dapat mengatasi rasa jenuh selama belajar dari rumah dengan melakukan hal-hal kecil yang ia gemari.

    “Saat ini aku sedang mengerjakan tugas dan juga membuat sketsa untuk tugas selanjutnya nanti. Selama pengerjaan, aku nggak lupa juga minum kopi biar nggak ngantuk. Terus, aku nggak lupa juga untuk berjemur sambil berolahraga dan menjadi lebih sehat.” Ungkap Kevin

    Hal-hal kecil yang Kevin lakukan seperti membuat kopi, berjemur, dan berolahraga tersebut dapat diterapkan oleh Binusian agar kesehatan mental dan fisiknya tetap terjaga. Selain itu, mensyukuri bahwa kita semua masih dapat melakukan hal-hal kecil tersebut juga penting agar pikiran kita tetap tenang dan sehat di tengah masa yang tidak menentu ini. Para Binusian diharapkan untuk terus mampu menanamkan pola pikir tersebut agar dapat tetap belajar, bekerja, dan berkarya dengan maksimal di era pandemi ini.