BINUS UNIVERSITY

    Ngobrol dan Diskusi Penerapan Online Learning Pada Perguruan Tinggi Selama Pandemic COVID-19

    Jakarta, 31 Maret 2020 – Penerapan social distancing sebagai pencegahan penularan wabah COVID-19, membuat aktivitas sebagian besar masyarakat dilakukan di rumah. Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini tidak mengurangi produktivitas bekerja dan belajar. BINUS UNIVERSITY sudah menerapkan learn from home dan work from home kepada mahasiswanya dan karyawan secara full online sejak tanggal 18 Maret 2020.  Namun dalam penerapannya, tidak hanya belajar dan bekerja saja yang dapat dilakukan secara online.

    Hal itulah yang dibahas dalam “Ngopi Pagi; Ngobrol dan Diskusi Perguruan Tinggi” yang diadakan pada Selasa, 31 Maret 2020. Kegiatan yang diadakan oleh LLDIKTI Wilayah III dengan format video conference ini dipandu oleh DR. M.Samsuri selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III dan diikuti oleh Pimpinan perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III.

    Turut bergabung dalam kegiatan tersebut, Prof. Harjanto selaku Rektor BINUS UNIVERSITY yang memaparkan kebijakan serta program yang dilakukan BINUS UNIVERSITY dalam rangka melindungi BINUSIAN dan antisipasi penyebaran COVID-19. Selain menerangkan sistem perkuliahan dan layanan secara online yang sudah diterapkan di seluruh kampus BINUS UNIVERSITY di seluruh Indonesia, Beliau juga memaparkan kegiatan yang juga dilakukan secara online seperti pengabdian masyarakat, riset, hingga kegiatan  penggalangan dana bagi tenaga medis yang menangani pasien COVID-19.

    Tidak hanya memaparkan penerapan operasional belajar dan bekerja yang dilakukan secara online, Beliau juga turut sharing akan kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan. Seperti menjaga motivasi karyawan agar tetap semangat walaupun bekerja di rumah seperti mengadakan kegiatan olahraga dan quiz yang dilakukan secara online.

    Diharapkan, informasi yang disampaikan dalam diskusi tersebut dapat membantu tiap perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III dalam menjalankan kegiatan belajar dan bekerja secara online selama masa pandemic COVID-19 ini. Bukan tidak mungkin hal ini akan menjadi pendekatan dalam belajar dan bekerja di masa depan.