BINUS UNIVERSITY

    Menjadi Akuntan Handal, Kompeten, dan Profesional di Era Industri 4.0

    Jakarta, 9 Maret 2020 – Akuntansi adalah salah satu sektor yang paling penting dalam pengelolaan perusahaan. Akuntansi memungkinkan perusahaan untuk mengetahui kondisinya secara konkret. Akuntansi merupakan aktivitas yang mengelola data-data yang berkaitan dengan keuangan dan transaksi dalam perusahaan. Dengan akuntansi, stakeholder perusahaan dapat mengetahui perkembangan perusahaan dalam periode tertentu, dasar perhitungan pajak, menjelaskan kepada pihak ketiga seperti bank atau investor mengenai kondisi perusahaan dengan tepat apabila memerlukan kredit usaha, dan yang terpenting untuk menentukan kebijakan manajemen perusahaan. Memahami pentingnya peran akuntansi dalam perusahaan, dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang tersebut. Tidak hanya kemampuan teknis yang baik, diperlukan pula softskill yang mumpuni serta sifat kejujuran, ketekunan, dan etos kerja yang kuat.

    Universitas Bina Nusantara (BINUS) hadir sebagai salah satu perguruan tinggi dengan kualitas lulusan terbaik di bidang akuntasi. Sebanyak lebih dari 50% lulusan program studi (prodi) Akuntansi BINUS berhasil bekerja di firma akuntansi nasional dan internasional, termasuk The Big Four Accounting Firm, yakni PWC, KPMG, E&Y, dan Delloite. Prodi Akuntansi BINUS memiliki kualitas-kualitas program kelas dunia. Berbagai kualitas tersebut dibagi dalam 7 poin: high graduate employability; competent and credible lecturers; outstanding student achievement; high quality curriculum; excellent information and technology; interactive and fun learning methods; dan a dynamic and compassionate community.

    Prodi Akuntansi BINUS terbagi menjadi tiga peminatan atau stream yang dapat dipilih oleh Binusian pada semester ketiga. Ketiga stream tersebut antara lain Managerial Accounting, Auditing, dan Taxation. Prodi Akuntansi BINUS juga mempunyai Accounting Laboratory dan Tax Centre untuk mendukung proses pembelajaran Binusian. Dalam pembelajaran praktek di Accounting Laboratory, Binusian akan dibimbing oleh lab assistant yang telah dibekali dengan ilmu mendalam mengenai berbagai software akuntansi yang akan berguna di dunia kerja kelak. Tax Centre BINUS disediakan sebagai pusat kegiatan perpajakan, termasuk sosialisasi, pelatihan, penelitian, konsultasi dan solusi, serta referensi dan direktori. Mahasiswa yang aktif di Tax Centre BINUS juga dapat menjadi volunteer Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Tax Centre BINUS juga menyediakan kursus Brevet Pajak A dan B untuk mahasiswa/i, alumni, dan umum. Kualitas kelas dunia prodi Akuntansi BINUS dapat mengiring Binusian untuk sukses berkarier menjadi akuntan di The Big Four Accounting Firm, akuntan di lembaga pemerintahan, manajemen akuntansi, konsultan pajak, perencana dan analisa keuangan, auditor, bankir, dan analis investasi.

    Kedepannya, Binusian diharapkan dapat menjadi akuntan yang handal, kompeten, dan profesional dibidangnya, dapat menyesuaikan kompetensinya dengan era revolusi industri 4.0, dimana terjadi digitalisasi dan disrupsi teknologi yang gencar dalam bidang akuntansi. Selain kompetensi teknis yang mampu bersaing secara global, Binusian juga diharapkan mampu menguasi softskills sehingga dapat menjadi tenaga kerja yang tidak akan tergusur oleh disrupsi teknologi dalam bidang akuntansi.