BINUS UNIVERSITY

    Hindari Penularan Virus COVID-19 dengan Lima Cara Efektif

    Jakarta, 26 April 2020 – Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 8000 kasus dan dapat terus bertambah. Berbagai upaya telah dijalankan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam menangani penyebaran virus ini. Melihat cepatnya penularan virus COVID-19, Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga telah menyampaikan berbagai edukasi dan informasi mengenai cara-cara pencegahan penularan COVID-19. Pemerintah dan para tenaga medis juga turut menghimbau masyarakat untuk melaksanakan berbagai tindakan pencegahan penularan virus COVID-19 tersebut.

    Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan oleh masyarakat umum dalam pencegahan penularan virus COVID-19, antara lain:

    1. Jaga Selalu Kebersihan Tangan

    Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik. Pastikan bahwa seluruh bagian tangan, mulai dari telapak, sela-sela jari, punggung tangan, pergelangan tangan, hingga kuku, telah tercuci hingga bersih. Apabila tidak memungkinkan, bersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

    1. Hindari Menyentuh Area Wajah

    Meskipun kita sudah memastikan kebersihan tangan kita, ada baiknya mengambil langkah ekstra dengan tidak menyentuh area wajah. Apabila tangan yang terkontaminasi virus menyentuh bagian hidung, mulut, atau mata, maka virus dapat masuk ke tubuh melalui bagian-bagian tersebut. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah kita.

    1. Menjaga Kesehatan Tubuh

    Menjaga kesehatan tubuh penting dilakukan guna meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus. Makan makanan bergizi, tetap bergerak aktif dan berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengurangi stress adalah langkah-langkah yang wajib dijalankan agar tubuh semakin kuat dan terhindar dari penularan berbagai macam virus, termasuk COVID-19.

    1. Lakukan Social Distancing

    Saat ini, masyarakat umum dapat turut andil dalam mencegah meluasnya penularan virus COVID-19 dengan melakukan social distancing. Masyarakat diwajibkan untuk melakukan segala aktivitasnya dari rumah, mulai dari belajar, bekerja, hingga beribadah. Hal ini penting mengingat adanya kemungkinan carrier virus COVID-19 tidak mengalami gejala-gejala umum seperti sesak nafas, batuk kering, serta demam tinggi, dan kemudian dengan tidak sengaja menularkannya pada orang-orang yang lebih rentan dan sulit untuk sembuh. Social distancing penting tidak hanya bagi diri kita sendiri, namun juga bagi masyarakat secara lebih luas.

    1. Apabila Sakit, Gunakan Masker dan Segera Berkonsultasi ke Tenaga Medis

    Apabila sakit, gunakan masker untuk mencegah penularan serta segera lakukan konsultasi kepada tenaga medis. Sebelum melakukan konsultasi secara langsung, hubungi fasilitas kesehatan yang akan anda kunjungi terlebih dahulu untuk memberi tahu gejala-gejala yang anda alami. Gejala-gejala utama virus COVID-19 antara lain sesak nafas, batuk kering, dan demam tinggi. Apabila Anda mengalami gejala tersebut, segera hubungi salah satu dari rumah sakit yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia sebagai rumah sakit rujukan COVID-19. Dari situ, rumah sakit akan segera memberi arahan dan penanganan lebih lanjut.