BINUS UNIVERSITY

    Hadapi Tantangan Baru Organisasi Kemahasiswaan dengan Aktif dan Kreatif

    Jumat, 13 Maret 2020 – Organisasi Kemahasiswaan (OK) merupakan suatu organisasi yang ada dalam perguruan tinggi atau universitas. Sesuai dengan namanya, OK diketuai, diurus, dan beranggotakan mahasiswa. Terdapat banyak manfaat bagi mahasiswa yang aktif terlibat dalam organisasi kemahasiswaan. Mahasiswa dapat menambah wawasannya terkait hard skill dan soft skill-nya, menambah pengalaman berorganisasi, menambah relasi dan koneksi, dan tentunya mengisi waktu luang yang dimiliki mahasiswa dengan positif (Putra, 2018). Memahami pentingnya organisasi kemahasiswaan, Universitas Bina Nusantara (BINUS) turut berkomitmen untuk mewadahi berbagai OK yang ada agar dapat menjalankan kegiatannya dengan baik. Organisasi kemahasiswaan yang ada di BINUS antara lain Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

    Organisasi kemahasiswaan BINUS tersebar di kampus BINUS@Greater Jakarta yang terdiri dari Kampus Kemanggisan, Senayan, Alam Sutera, dan Bekasi, BINUS@Bandung, serta BINUS@Malang. Pada hari Jumat, 13 Maret 2020 dilaksanakan acara Pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan periode 2020-2021. Pelantikan kali ini berbeda dari pelantikan sebelumnya, acara pelantikan dilaksanakan secara serentak dan terpusat. Acara pelantikan dihadiri oleh Bapak Stephen Wahyudi, BSE, MSIST selaku President of BINUS Higher Education, Bapak George Wijaya Hadipoespito, M.Sc., MBA selaku Vice President of BINUS Higher Education, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Vice President of BINUS Higher Education dan Rector BINUS University, Dr. Engkos Achmad Kuncoro, S.E., M.M. selaku Vice Rector Academic Development dan BINUS @Kemanggisan Campus Director , Johan, S.Kom., MM selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development, Ibu Nelly, S.Kom., MM selaku BINUS @Alam Sutera Campus Director, dan Bapak Idris Gautama So, S.E., S.Kom., M.M., Ph.D selaku BINUS @Bekasi Campus Director. Hadir pula melalui teleconference, Drs. Andreas Chang, MBA selaku BINUS @Bandung Campus Director beserta jajaran deputy-nya, dan Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP selaku Rektor Binus @Malang beserta jajaran deputy-nya.

    Acara pelantikan dibuka dengan penampilan dari UKM Bersama dalam Musik (BDM) dan dilanjutkan dengan sambutan pembukaan dari MC. Setelah itu, dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh perwakilan dari UKM Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK). Kemudian, seluruh hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Himne Perguruan Tinggi BINUS. Acara dilanjutkan dengan pemutaran video berjudul ‘The 2020 Leaders’. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan dari Surat Keputusan Rektor. Kemudian, tibalah pada puncak acara ‘Pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan Periode 2020-2021 BINUS University’ dimana seluruh ketua OK periode 2020-2021 berdiri di atas panggung untuk dilantik langsung oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rector BINUS University. Dengan dilaksanakannya ketuk palu, pemasangan pin, dan dinyanyikannya Mars Binusian, para ketua OK telah resmi mengawali masa jabatannya. Acara puncak ditutup dengan sesi foto bersama.

    Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rector BINUS University memberikan pidato sambutannya untuk seluruh peserta yang hadir, terutama untuk para ketua OK BINUS periode 2020-2021. Dalam sambutannya, Harjanto Prabowo menyampaikan nasihat dan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ‘Pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan Periode 2020-2021 BINUS University’

    “Jalankan kepemimpinan dengan baik. Dalam kondisi sekarang ini, kampus terus berupaya supaya dukungan pada organisasi kemahasiswaan semakin membaik. Saat ini dunia sedang mengalami masalah hidup, saya yakin teman-teman calon sarjana BINUS University pasti sudah membaca tentang virus Corona. Kegiatan harus bisa berjalan tapi dengan kondisi minimal dalam arti mengurangi interaksi dan pertemuan besar. Para pengurus harus mencoba memikirkan caranya untuk tetap semangat melayani teman-teman sehingga tetap berjalan dengan baik.” Ujar Harjanto Prabowo.

    Setelah mendengar sambutan dari Rektor BINUS University, acara dilanjutkan dengan pemutaran video ‘The 2019 Leaders’, video ‘Prestasi Organisasi Kemahasiswaan’, dan video ‘Binusian Beraksi!’ yang menampilkan profil ketua-ketua OK periode 2020-2021. Di tengah sambutan meriah kepada ketua OK yang baru, sambutan dan tepuk tangan meriah juga diberikan kepada ketua OK periode 2019-2020. Acara ditutup dengan penampilan apik dari UKM Stamanara BINUS yang ditampilkan BINUS @Greater Jakarta, penampilan Musicale yang ditampilkan di BINUS @Bandung, dan Epic Paranoia yang ditampilkan di BINUS @Malang.

    Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM turut menyampaikan harapan-harapannya kepada ketua, pengurus, dan anggota OK serta Binusian secara keseluruhan.

    “Salah satu harapan saya adalah supaya para mahasiswa makin banyak terlibat aktif dan kreatif untuk melakukan kegiatan yang meningkatkan kompetensi diri dan graduate attribute Binusian. Semoga semuanya, terutama OK dapat menjalankan dengan baik dan sungguh-sungguh karena kebanggan anda adalah kebanggan BINUS, dan kebangaan BINUS adalah kebanggaan anda. Tetap percaya bahwa Tuhan lindungi kita semua, tetap berdoa dan berharap supaya bangsa kita bisa selamat.” Tutup Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM.