BINUS UNIVERSITY

    Gelanggang Olahraga Dengan Konsep Green, Dukungan Bagi Kesehatan BINUSIAN

    Tangerang, 31 Maret 2020 – Kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana bagi perkuliahan tentu sangatlah penting. Tak hanya fasilitas pendukung kegiatan akademik, fasilitas pendukung kegiatan non-akademik seperti kegiatan kemahasiswaan bahkan olahraga juga tidak kalah penting.  Memahami pentingnya hal tersebut, BINUS UNIVERSITY membangun sebuah Gedung Olah Raga yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan mahasiswa/i BINUS UNIVERSITY. Gedung Olah Raga ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan dukungan BINUS UNIVERSITY bagi Kesehatan/kebugaran BINUSIAN.

    Gedung Olah Raga atau GOR tersebut berlokasi di Kampus BINUS UNIVERSITY@ALAM SUTERA. Serah terima GOR BINUS@ALAM SUTERA dilaksanakan pada Senin, 30 Maret 2020. Luas total dari GOR ini adalah 5.050 m2 dan dapat berfungsi sebagai multi-purposed hall berkapasitas sekitar 1.600 orang/tempat duduk. GOR BINUS@ALAM SUTERA ini dibangun dengan konsep satu lapangan, dimana GOR dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis olahraga seperti futsal, basket, dan volley, serta badminton. Garis lapangan dibuat dengan warna yang berbeda-beda untuk masing-masing jenis olahraga tersebut. Selain untuk menandakan jenis olahraga, warna yang berbeda juga diimplementasikan sebagai variasi desain supaya GOR terlihat lebih fresh.

    Bangunan GOR BINUS@ALAM SUTERA ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama merupakan ruangan yang digunakan untuk kegiatan olah raga serta multi-purposed hall yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan berbagai acara. Berbagai fasilitas yang terdapat di bagian ini antara lain selasar arcade, pre-function hall, panggung, ruang persiapan, dan toilet. Selanjutnya, di lantai kedua terdapat berbagai fasilitas pendukung GOR yaitu area mezzanine, hall, air handling unit (AHU), ruang kontrol, ruang ganti, dan tempat mandi atau shower. Kemudian, terdapat pula lantai semi-basement yang berfungsi sebagai tempat parkir.

    Selain adanya berbagai fasilitas yang dapat mendukung kegiatan para Binusian, GOR BINUS@ALAM SUTERA ini juga menunjukkan kualitasnya yang mumpuni dengan mengimplementasikan konsep Green Building. Konsep Green Building menekankan pada peningkatan efisiensi penggunaan air, energi dan material bangunan, yang dapat mengurangi dampak bangunan baru terhadap lingkungan dan kesehatan manusia (Prima, 2016). Kedepannya, diharapkan GOR BINUS@ALAM SUTERA ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para Binusian untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dan acara yang menunjang pendidikannya, baik akademis maupun non-akademis. Selain itu gedung ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bangunan yang efektif dan efisien, dimana telah diterapkan konsep yang ramah lingkungan sekaligus multifungsi bagi para penggunanya.