BINUS UNIVERSITY

    Finance BINUS Hadirkan Kurikulum Kelas Dunia untuk Persaingan Global

    Jakarta, 9 Maret 2020 – Bidang keuangan (finance) dan investasi akan menjadi salah satu sektor yang bertumbuh pesat sampai tahun 2030. Berdasarkan keterangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tercatat bahwa selama tahun 2019, di tengah pelemahan perekonomian global dan domestik, pertumbuhan sektor jasa keuangan masih positif dengan stabilitas sektor jasa keuangan terjaga. Selain itu, sektor finance juga didorong menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia agar bisa melampaui angka 5% (Mediaindonesia.com, 2019). Melihat tren terdahulu serta perkiraan tren kedepan yang terus bertumbuh pesat, minat tenaga kerja terhadap sektor ini tentunya akan semakin meningkat. Otomatis, persaingan dalam sektor keuangan juga akan semakin meningkat dan membutuhkan human resources yang kompeten untuk bersaing secara global.

    Generasi muda Indonesia dapat belajar menjadi tenaga kerja kompeten yang mampu bersaing secara global bersama Universitas Bina Nusantara (BINUS). BINUS memiliki program studi (prodi) Finance yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan universitas-universitas lainnya. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain high graduate employability, competent and credible lecturers, outstanding student achievement, high quality curriculum, interactive and fun learning methods, serta a dynamic and compassionate community. Kurikulum prodi Finance BINUS disesuaikan dengan disrupsi teknologi yang juga membawa pengaruh pada sektor keuangan. Prodi Finance BINUS merupakan program yang memberikan pengetahuan menyeluruh dalam sektor finance, accounting, dan financial technology (fin-tech).

    Prodi Finance BINUS juga memperlengkapi Binusian dengan pengetahuan yang memampukan mereka untuk menganalisa, mengevaluasi, serta mengambil keputusan terkait keuangan dan investasi. Binusian juga diperkenalkan pada tren Fin-Tech dan didorong untuk memperdalam pengaruhnya dalam sektor keuangan. Prodi Finance BINUS telah terakreditasi oleh organisasi Chartered Financial Analyst (CFA). Binusian juga berkesempatan untuk mengambil sertifikasi internasional di bidang keuangan melalui organisasi CFA, serta kurikulum prodi Finance BINUS sudah disesuaikan dengan kurikulum CFA. Binusian yang mengambil prodi Finance dapat menempuh berbagai pilihan karier seperti financial analyst, treasurer, financial controller, business development analyst, investment advisor, risk analyst, portfolio and fund manager, trader, serta credit analyst.

    Dalam visinya, prodi Finance BINUS berharap dapat menjadi pemimpin dan inovator program finance di dunia yang mampu bekerja sama secara dekat dengan accounting and finance industry serta dapat melahirkan profesional-profesional dengan pengetahuan yang ekstensif di bidang keuangan, investasi, dan teknologi informasi yang berhubungan langsung dengan sektor keuangan. Sejalan dengan visi BINUS, Binusian juga diharapkan dapat memiliki global mindset yang memacu untuk dapat bersaing secara global serta menjadi leader dan inovator dalam sektor keuangan.