BINUS UNIVERSITY

    BINUS University Turut Hadir untuk Memaksimalkan Pariwisata Indonesia

    Jakarta, 10 Maret 2020 – Keberagaman dan menariknya industri pariwisata Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Keanekaragaman hayati dan keindahan alam Indonesia, membuat industri pariwisata menjadi salah satu penyumbang pendapatan terbesar bagi negara Indonesia. Presiden Joko Widodo dalam salah satu pidatonya menyampaikan bahwa daya saing pariwisata Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Meski begitu, masih ada beberapa aspek pariwisata Indonesia yang bisa ditingkatkan kualitasnya (Kompas.com, 2020). Dengan potensi pariwisata Indonesia yang sangat besar serta adanya aspek-aspek yang masih harus ditingkatkan kualitasnya, dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten untuk mengelola aspek-aspek tersebut.

    Program Studi (prodi) Pariwisata Universitas Bina Nusantara (BINUS) siap hadir untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu turut andil memajukan pariwisata Indonesia. Dalam prodi Pariwisata BINUS, Binusian akan diajarkan cara merancang sebuah destinasi pariwisata bertaraf dunia, mengatur dan memimpin perjalanan wisata, merancang event di destinasi-destinasi wisata tersebut, dan juga mengenal budaya yang berbeda-beda di setiap destinasi yang akan dikunjungi. Prodi Pariwisata BINUS adalah program studi yang berfokus pada entrepreneurial value dan mendorong Binusian untuk menciptakan ide-ide inovatif dan kreatif di bidang pariwisata. Prodi Pariwisata juga berfokus menyusun mata kuliah yang menyediakan pengetahuan dan keahlian yang berfokus pada opportunity recognition, implementasi teknologi, analisis industri, analisis kelayakan (feasibility analysis), perencanaan bisnis, dan strategi kompetitif.

    Binusian yang mengambil program studi Pariwisata dapat memilih dari pilihan karier yang cukup luas. Pilihan karier yang tersedia antara lain entrepreneur bidang pariwisata, tourism destination planner, tour & travel manager, event planner, tourist attraction manager, travel writer, pegawai pemerintah bidang pariwisata, pengajar akademik bidang pariwisata, peneliti pariwisata, tour planner, konsultan perjalanan, tourism marketer, event organizer, konseptor resort activities, dan researcher. Prodi Pariwisata saat juga terus meningkatkan kompetensinya untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing secara global.

    Prodi Pariwisata BINUS dalam visinya menyampaikan harapannya untuk menjadikan prodi Pariwisata BINUS menjadi program terbaik di Asia Tenggara atau ASEAN pada tahun 2020. Keahlian lulusan prodi Pariwisata BINUS diharapkan dapat memberdayakan dan mengembangkan untuk pengembangan ekonomi regional ASEAN. Kedepannya diharapkan, baik prodi Pariwisata dan maupun lulusan-lulusannya, dapat berkontribusi pada komunitas global melalui edukasi dan kinerja kelas dunia. Binusian harus mampu berkontribusi kepada perbaikan infrastruktur agar pariwisata Indonesia semakin menjadi yang terbaik di dunia.