BINUS UNIVERSITY

    BINUS PEDULI BINUSIAN

    Pandemi COVID-19 saat ini telah menjadi masalah global dan berdampak luas pada semua bidang, termasuk dunia pendidikan yang terdampak besar.  Pandemi ini juga telah mengubah cara kita berinteraksi sosial dan memaksa kita untuk beraktivitas sebagian besar dari rumah. BINUS UNIVERSITY menyadari hal tersebut dan melakukan upaya proaktif untuk melindungi seluruh BINUSIAN tetap dapat produktif melakukan kegiatan perkuliahan.

    Sejak tanggal 18 Maret 2020, BINUS UNIVERSITY memberlakukan pelaksanaan perkuliahan, aktivitas, layanan yang bersifat akademis dan non-akademis secara online. Kita melakukan optimalisasi sumber daya teknologi untuk mendukung kegiatan ini dapat dijalankan dengan lancar dan nyaman.  Kegiatan pendukung dan pengembangan kemahasiswaan juga terus berjalan dalam bentuk online, berupa training, webinar, talkshow, kompetisi dan kegiatan Organisasi Kemahasiswaan untuk mendukung pengembangan diri mahasiswa.  Dukungan lain dalam bentuk mentoring, tutoring dan konseling juga tetap berjalan. Berbagai macam layanan online ini dapat diakses melalui microsite kemahasiswaan di student.binus.ac.id.

    Selama mahasiswa belajar di rumah, BINUS melakukan pembersihan dan sterilisasi menyeluruh terhadap bangunan, fasilitas, peralatan, hingga dokumen.  Hal ini untuk memastikan kesiapan dan kenyamanan ketika pandemi ini berakhir, dan aktivitas perkuliahan berjalan normal kembali.

    Selain melindungi kesehatan dan memastikan kegiatan perkuliahan online dapat berjalan dengan baik, kita tetap berupaya dapat berkontribusi bagi masyarakat.  Melalui BINUSIAN Care, selama masa pandemi ini BINUS tidak melakukan pengurangan SDM, termasuk untuk karyawan outsource, seperti petugas kebersihan dan petugas keamanan.

    Kontribusi bagi masyarakat juga diwujudkan melalui BINUSIAN Care Siaga COVID-19 dengan bentuk kegiatan penggalangan dana dari karyawan dan dosen BINUS, yang ditujukan untuk mendukung tenaga medis dan relawan yang sedang berjuang merawat pasien COVID-19.  Kami juga sangat mengapresiasi kegiatan penggalangan dana hasil kolaborasi yang dilakukan oleh 66 Unit Kegiatan Mahasiswa BINUS UNIVERSITY, yang membentuk Gerakan BINUSIAN BERAKSI (GEBRAK) yang juga bertujuan membantu para pihak yang sedang berjuang melawan COVID-19 atau Virus Corona melalui pengadaan Alat Pengaman Diri (APD), dan kebutuhan medis lain.

    Selama masa pembatasan sosial, kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di bawah koordinasi Teach for Indonesia (TFI) dan Community Development – Academic juga terus berjalan.  Kegiatan yang sudah dilakukan, antara lain pelatihan online untuk UMKM, bimbingan belajar online, Social Campaign dan Program One Day One Kindness di berbagai wilayah di Indonesia.

    Untuk dapat berkontribusi mendukung program pemerintah menjawab tantangan menciptakan SDM Unggul Indonesia Maju, BINUS juga telah meluncurkan GreatNusa, platform pembelajaran yang berbasis online dengan menyediakan akses ke lebih dari 1000 content secara gratis bagi masyarakat untuk bisa belajar kapan saja dan di mana saja di seluruh Indonesia.  Selain itu BINUS Creates juga menjadi mitra program Kartu Prakerja dengan menjadi penyedia pelatihan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat Pemegang Kartu Prakerja.

    Kami semakin menyadari, di era disrupsi akibat pandemi COVID-19 ini, pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk tetap dapat berjalan dan terus dinikmati oleh masyarakat.  Oleh karena itu, sebagai bentuk

    Kepedulian kepada Mahasiswa, Dosen, dan Asisten Laboratorium, BINUS UNIVERSITY memutuskan:

    1. Potongan Biaya BP3 semester Ganjil 2020/2021 dalam bentuk beasiswa sebesar 20% dari tagihan, bagi Mahasiswa S1 dan D4.
    • Pembebasan biaya wisuda bagi mahasiswa S1 dan D4 yang dinyatakan Layak Wisuda di tahun 2020.
    1. Kesempatan bagi Mahasiswa D4, S1, S2, dan S3 semester akhir yang habis masa studinya di Semester Genap 2019/2020, diberikan kebijakan perpanjangan masa studi 1 (satu) semester pada Semester Ganjil 2020/2021.
    2. Allowance paket data bagi Dosen dan Asisten Aktif Semester Genap 2019/2020.
    3. Dan bulir kepedulian lainnya.

    Kami tetap meminta BINUSIAN untuk tetap belajar dari rumah, sebisa mungkin tidak melakukan kegiatan di luar rumah dan mematuhi penerapan PSBB di wilayahnya masing-masing.  Mari turut serta menjalankan kepedulian dan tanggung jawab kita dengan tetap produktif di rumah demi melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungan dari COVID-19.

    Demikian surat edaran ini kami sampaikan. Surat edaran ini berlaku sampai dengan ada pemberitahuan lebih lanjut.  Seluruh informasi resmi akan kami sampaikan melalui Binusmaya dan kanal resmi BINUS UNIVERSITY.