BINUS UNIVERSITY

    Upaya BINUS University melindungi Mahasiswa dan Civitas Akademika melalui Online Learning

    Sejak mulai merebaknya penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) beberapa bulan belakangan ini, BINUS University telah melakukan upaya dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 dan melindungi kesehatan mahasiswa dan Civitas Akademika.  Sejak 17 februari 2020 BINUS University telah melakukan berbagai upaya preventif melalui Gerakan Mahasiswa Sehat (GESIT) yang melibatkan seluruh mahasiswa dan Civitas Akademika untuk melakukan kebiasaan hidup sehat melalui berbagai upaya seperti melakukan pengecekan suhu, meningkatkan frekuensi pembersihan menggunakan desinfektan khusus, memperbanyak pengadaan hand sanitizer dan kegiatan edukasi pengetahuan tentang COVID-19 dan pencegahannya. Dalam kegiatan pembelajaran, BINUS University telah menerapkan metode pembelajaran yang adaptif terhadap situasi yang ada melalui kombinasi tatap muka dan online learning.

    Melanjutkan langkah-langkah yang telah dilakukan pada Surat Edaran No. 0182/REK-SE/III/2020 tanggal 3 Maret 2020 dan perkembangan situasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), serta pernyataan dari World Health Organization bahwa COVID-19 adalah sebuah pandemi, maka BINUS University melakukan upaya proaktif untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan melindungi kesehatan seluruh mahasiswa jenjang S1, S2, dan S3 melalui langkah-langkah sebagai berikut:

    1. Mulai tanggal 18 Maret 2020, sampai dengan akhir semester Genap 2019/2020, pelaksanaan perkuliahan dilakukan secara penuh dengan metode daring (online) dengan panduan GSLC (Guided Self Learning Class).

    2. Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester dilaksanakan dengan model Take-home test dan Project.

    3. Seluruh pelaksanaan bimbingan skripsi/tesis/disertasi dan bimbingan Enrichment Program dilaksanakan secara online.

    4. Seluruh pelaksanaan ujian skripsi/tesis/disertasi dilaksanakan melalui Video Conference.

    5. Seluruh pelaksanaan Enrichment Program untuk track research dan entrepreneurship dilaksanakan secara online, sedangkan untuk track internship dan community development dilakukan dalam bentuk work from home sampai pemberitahuan lebih lanjut.

    6. Seluruh kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Center/Program Studi/ Program/Organisasi Kemahasiswaan, dilaksanakan secara online. Seluruh kegiatan kemahasiswaan ke luar negeri atau ke luar kota, ditangguhkan sampai dengan adanya pemberitahuan lebih lanjut.

    7. Seluruh layanan akademik diselenggarakan secara online. Mekanisme layanan akan diinformasikan melalui Binusmaya pada menu: Support, sub menu: Download Center, category: Layanan Akademik.

    8. Perubahan Jadwal Pelaksanaan Wisuda tahun 2020 akan diinformasikan lebih lanjut.

    Berkenaan dengan hal-hal tersebut diatas, maka diharapkan mahasiswa tidak perlu datang ke kampus dan dihimbau untuk pulang ke rumah masing-masing.

    Seluruh informasi resmi dari BINUS University akan disampaikan melalui portal mahasiswa (Binusmaya). Tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan informasi terkait COVID-19 dari sumber-sumber terpercaya yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI.