BINUS UNIVERSITY

    “Relational Rents”, Menghantarkan Prof. Tirta ke Dalam Deretan Penulis Ilmiah Terbaik

    Jakarta, 30 Maret 2020  –  Suatu artikel ilmiah dapat memiliki kontribusi yang besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan, terutama jika memiliki relevansi terhadap perubahan jaman. Artikel ilmiah semakin bernilai lebih jika disitasi dan menjadi rujukan bagi masyarakat luas melalui kepustakaan bereputasi baik nasional maupun internasional. Artikel ilmiah semakin bernilai lebih jika disitasi dan menjadi rujukan bagi masyarakat luas melalui kepustakaan bereputasi baik nasional maupun internasional. Beberapa kepustakaan yang umum seperti Scopus, Web of Science, Academic Search, hingga IDEAS/RePec. IDEAS/RePec adalah situs kepustakaan yang berfokus pada bidang ekonomi dan dapat diakses secara gratis.

    Pada bulan Febuari 2020, Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D, salah satu Guru Besar dan Vice Rector Research & Technology Transfer di BINUS UNIVERSITY, masuk ke dalam deretan Top 25% Institutions and Economists in Indonesia versi IDEAS Rankings pada kategori Authors. Selain Beliau, dari Indonesia terdapat 286 Authors (penulis) lain yang berasal dari 74 Institusi. Artikel ilmiah Beliau yang berjudul “Creating relational rents: the effect of business groups on affiliated firms’ Performance in Indonesia,” menjadi sumber rujukan serta kutipan akademisi tidak hanya di Indonesia, namun dari berbagai belahan dunia.

    Prof. Tirta membuat artikel ini sebagai bagian dari disertasi S3 Beliau pada Graduate School of Management, Gakushuin University, Tokyo, Japan. Pada saat itu beliau melihat masih sedikit penelitian atau industri di Indonesia yang berinvestasi pada teknologi ataupun research and development. Beliau berargumentasi bahwa teknologi maupun inovasi yang dilakukan oleh industri yang lebih bersifat incremental bukan radical, hanya memperbarui fungsi dari teknologi yang sudah ada, bukan menciptakan teknologi yang sama sekali baru, dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran serta latar belakang Beliau dalam membuat artikel ilimiah ini.

    Ketika ditanya apa yang menjadi kelebihan dari artikel ini, beliau menerangkan “Artikel ini memaparkan pentingnya perusahaan yang tergabung dalam kelompok bisnis (business group) karena menciptakan relational rents atau keuntungan dibandingkan dengan perusahaan yang independent atau perusahaan yang tidak tergabung dalam kelompok bisnis khususnya dilihat dari investasi pengembangan teknologi, research and development, pengembangan human capital, dan internationalization. Istilah relational rents adalah yang pertama kali saya sampaikan dalam khasanah ilmiah yang banyak dikutip dan menjadi rujukan utama bagi banyak akademisi dari berbagai belahan dunia hingga saat ini.”

    Sebagai civitas akademika, beliau berharap artikel ilmiah ini dapat bermanfaat tidak hanya bagi sesama akademisi, namun juga bagi industri. “Mari kita berkontribusi melalui bidang yang kita tekuni dan pahami walaupun mungkin jauh dari hingar-bingar public, karena bisa saja jalan sunyi yang ditempuh seorang peneliti sejati suatu saat akan dibutuhkan masyarakat. Dengan memiliki roadmap penelitian yang jelas dan dijalankan secara konsisten bisa menjadi kesempatan peneliti mendapatkan research funding baik nasional maupun internasional yang dapat semakin memperkuat kualitas penelitian,” tegasnya. (GP)

                                                                                                  ***

    Untuk keterangan lebih lanjut silakan hubungi :

    Gandy Pratama Jaya

    Public Relations

    Phone    : 021-5345830 ext. 2224

    Cell         : 081519498085

    Email      : gandy.jaya@binus.edu