BINUS UNIVERSITY

    Menjadi Hotelier Kelas Dunia Bersama Hotel Management BINUS University

    Jakarta, 9 Maret 2020 – Industri perjalanan dan pariwisata adalah industri yang termasuk stabil pertumbuhannya. Di tengah pertumbuhan perekonomian dunia yang lambat sejak tahun 2011, pertumbuhan di sektor perjalanan dan pariwisata justru melampaui pertumbuhan ekonomi global. Dikutip dari republika.co.id, Erich Gerber, Senior Vice President, EMEA dan APJ TIBCO, dalam tulisannya yang berjudul “Memberi Keunggulan Analitik Data Pada Resor Terpadu”, mengungkapkan bahwa pertumbuhan di sektor perjalanan dan pariwisata akan terus berlanjut (Aryanto, 2020). Salah satu bagian dari industri perjalanan dan pariwisata adalah industri perhotelan. Semakin bertumbuhnya industri perjalanan dan pariwisata, semakin meningkat pula kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli dan kompeten, tidak terkecuali di industri perhotelan.

    Universitas Bina Nusantara (BINUS) hadir untuk mendidik calon tenaga kerja yang ahli dan kompeten di bidang perhotelan. BINUS memiliki program studi (prodi) Hotel Management yang siap untuk membimbing Binusian menjadi pemimpin di dunia perhotelan. Prodi Hotel Management BINUS terbagi menjadi dua stream atau peminatan, yakni Culinary Art dan Hotel and Operation Services. Prodi Hotel Management menyediakan mata kuliah yang beragam dan relevan dengan kebutuhan industri perhotelan modern. Prodi Hotel Management telah membuktikan kompetensinya dengan memperoleh akreditasi nasional “A” dari BAN-PT sejak 2012. Selain itu, prodi Hotel Management telah memperoleh sertifikasi internasional TEDQUAL yang dikeluarkan oleh UNWTO (United Nation World Tourism Organization) sejak 2017.

    Proses belajar Binusian prodi Hotel Management semakin lengkap dengan tersedianya laboratorium dimana mahasiwa dapat mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari. Laboratorium yang tersedia antara lain lab hotel room, lab kitchen and pastry, restaurant, lab front office, dan lab housekeeping. Mahasiswa prodi Hotel Management juga diwajibkan untuk menggunakan seragam sesuai dengan mata kuliah yang sedang dipelajari. Terdapat 4 jenis seragam bagi mahasiswa Hotel Management, jenis-jenis seragam tersebut antara lain Restaurant, Front Office, Kitchen, dan Housekeeping. Pilihan karier bagi Binusian yang mengambil program studi Hotel Management pun sangat beragam. Setelah lulus Binusian dapat merintis karier menjadi executive chef, pastry chef, restaurant manager, general manager hotel, executive housekeeper, food and beverage manager, room division manager, barista, sommelier, Maître d’hôtel, kitchen artist, bartender, dan butler. Selain itu, Binusian juga dapat menjadi entrepreneur di bidang yang berkaitan dengan perhotelan seperti pemilik restauran dan pemilik hotel.

    Berbagai opportunity yang ditawarkan oleh prodi Hotel Management diharapkan dapat melahirkan profesional-profesional yang terbaik di bidang perhotelan. Adanya kesempatan untuk kuliah dan magang di luar negeri, seperti Korea, Hongkong, Dubai, dan Malaysia diharapkan dapat membuka wawasan global mengenai dunia perhotelan bagi Binusian. Lulusan prodi Hotel Management BINUS juga diharapkan dapat bersaing dan memajukan industri perhotelan Tanah Air dengan mengimplementasikan wawasan global yang didapatkan selama berkuliah di BINUS. Kedepannya prodi Hotel Management BINUS diharapkan dapat menjadi salah satu prodi perhotelan terbaik di Indonesia dan semakin menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat menjadi pemimpin di industri perhotelan global.