BINUS UNIVERSITY

    Kemudahan Akses Informasi Tepat, dan Akurat Melalui Microsite BINUS SIAGA COVID-19

    Jakarta, 18 Maret 2020 – Virus baru Corona COVID-19 saat ini telah resmi dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) pada Rabu, 11 Maret 2020 lalu (tirto.id, 2020). Hal tersebut berarti COVID-19 telah menyebar di banyak negara di berbagai belahan dunia dan kemungkinan jumlah negara yang terinfeksi bisa terus bertambah apabila tidak dilakukan tindakan pencegahan. Salah satu bentuk pencegahan dan perlindungan diri dari virus Corona COVID-19 adalah dengan mendapatkan informasi yang akurat dari sumber-sumber terpercaya mengenai segala hal yang berkaitan dengan novel corona virus COVID-19 ini (unicef.org, 2020). Penting bagi masyarakat untuk mendapat informasi yang tepat dan akurat, mulai dari informasi mengenai apa itu COVID-19, bagaimana persebarannya, apa saja gejalanya, cara pencegahan, hingga apa yang harus dilakukan apabila kita mengalami gejala-gejala COVID-19.

    Memahami dan menyikapi pentingnya informasi yang tepat dan akurat serta kemudahan akses untuk informasi tersebut, Universitas Bina Nusantara berinisiatif untuk membuat sebuah wadah berupa microsite yang berfungsi untuk menyediakan berbagai informasi akurat mengenai COVID-19. Tidak hanya memberikan informasi terkait virus COVID-19, wadah tersebut juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kebijakan-kebijakan BINUS dalam menyikapi pandemi COVID-19. Seluruh Binusian nantinya dapat mengakses informasi mengenai bagaimana cara pelaksanaan belajar, mengajar, dan bekerja secara remote, tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah persebaran virus COVID-19, resources yang dapat Binusian rujuk dalam menghadapi COVID-19, hingga kontak crisis center yang dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai semua hal yang berkaitan dengan COVID-19. Selain informasi mengenai BINUS secara keseluruhan, Binusian juga mendapatkan informasi mengani kebijakan masing-masing program studi (prodi) mengenai tindakan melawan persebaran COVID-19 serta terdapat halaman khusus bagi non-Binusian atau kalangan umum.

    Dengan adanya microsite BINUS SIAGA COVID-19 ini, diharapkan Binusian dapat lebih mudah mengakses informasi terkait dengan COVID-19 dan segala kebijakan BINUS mengenai COVID-19. Adanya wadah yang terintegrasi dan terakurat ini diharapakan juga mampu mendorong Binusian untuk terus peduli kepada lingkungan sekitar dengan melakukan tindakan preventif Gerakan Mahasiswa Sehat (GESIT). Tindakan GESIT apabila dilaksanakan dengan tekun dan disiplin diharapkan mampu mencegah persebaran virus COVID-19 di kalangan Binusian dan masyarakat umum secara lebih luas.