BINUS UNIVERSITY

    BINUS Terapkan Sistem Work from Home sebagai Bentuk Social Distancing untuk Mencegah COVID-19

    Jakarta, 18 Maret 2020 – Merebaknya Virus Corona COVID-19 di Indonesia mendorong Pemerintah Republik Indonesia untuk menghimbau masyarakatnya agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Salah satu himbauan Presiden RI Joko Widodo dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/03/20) adalah dengan bekerja dari rumah (kompas.com, 2020). Bekerja dari rumah atau yang sering disebut dengah istilah work from home adalah konsep dimana karyawan dari suatu perusahaan yang biasanya bekerja di kantor dapat melakukan pekerjaan dari rumah. Work from home juga merupakan salah satu bentuk social distancing. Social distancing sendiri merupakan konsep yang dianjurkan oleh para ahli medis untuk dilakukan masyarakat secara luas sebagai bentuk pencegahan persebaran virus COVID-19.

    Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home demi melindungi karyawannya dari penyebaran virus Corona COVID-19. Tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang komersil, berbagai lembaga pun telah menerapkan sistem work from home, mulai dari lembaga pemerintahan hingga lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas. Universitas Bina Nusantara (BINUS) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah menerapkan kebijakan work from home tersebut. BINUS berkomitmen secara serius untuk melindungi seluruh komponennya dari virus Corona COVID-19. Sebelum menetapkan kebijakan work from home, BINUS telah mencanangkan gerakan preventif untuk mencegah virus COVID-19. Gerakan tersebut adalah Gerakan Mahasiswa Sehat (GESIT) yang berlaku tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga untuk seluruh Binusian.

    GESIT adalah gerakan yang terdiri dari sembilan langkah, yaitu sering cuci tangan menggunakan sabun, konsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih minimal delapan gelas sehari, memakai masker jika batuk/bersin/pilek, tidak merokok, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, hati-hati saat kontak dengan hewan, tidak mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, serta periksa diri ke dokter apabila merasa kurang sehat. Tindakan preventif GESIT ini kemudian dilanjutkan dengan gerakan preventif work from home dimana para dosen dan karyawan dapat bekerja dari rumah. Para dan mahasiswa tidak perlu hadir di kampus dan dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring atau online. Selain itu, kegiatan layanan akademik juga sudah dapat dilaksanakan secara online melalui Binusmaya.

    BINUS saat ini sedang bekerja keras agar karyawannya tetap aman dan merasa nyaman serta dalam waktu dekat ini dapat bekerja dari rumah. Tindakan preventif seperti pengecekan suhu tubuh di setiap pintu masuk dan penyediaan hand sanitizer tetap secara gencar dilakukan oleh BINUS guna melindungi para karyawannya yang masih harus bekerja di kantor. Saat ini, diharapkan para civitas akademica BINUS tetap dapat menjaga kesehatannya dan mengurangi stress agar imun tubuh tetap kuat, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menjaga kesehatan dengan makan, olahraga, dan istirahat teratur, serta melakukan social distancing dengan mengurangi aktifitas di luar rumah.