BINUS UNIVERSITY

    BINUS Sediakan Berbagai Online Platform untuk Mendukung Belajar Dirumah Saja

    Jakarta, 21 Maret 2020 – Seiring dengan meningkatnya penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia dan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk belajar dirumah saja, maka banyak universitas di Indonesia yang harus mengambil kebijakan untuk mengubah mode belajar mengajarnya. Hal ini tentunya mendorong perguruan tinggi untuk mampu untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online. Tentunya ini menjadi tantangan bagi Pendidikan Tinggi untuk menyediakan platform-platfom berbasis online agar dapat menyelenggarakan online learning.

    Tidak terlepas juga BINUS University sebagai perguruan tinggi yang adaptif dan telah menerapkan mode daring (Online Learning) dalam proses belajar mengajarnya selama ini. Mari mengenal Platform-platform online learning yang BINUS telah miliki untuk mendukung belajar dirumah saja :

    Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus oleh BINUS dalam rangka mendukung proses belajar mengajar melalui Multi Channel Learning (MCL).

    • BINUS Mobile for Student (Tersedia di Google Play Store, AppStore, Windows Store)

    Aplikasi seluler serba ada yang akan meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa di Bina Nusantara dengan memberikan akses informasi yang lebih mudah. Dengan memanfaatkan BINUS University Mobile for Student, BINUSIAN akan dapat mengakses informasi yang relevan untuk aktivitas mereka di Bina Nusantara.

    • BINUS Mobile for Lecturer (Tersedia di Google Play Store, AppStore, Windows Store)

    Aplikasi mobile serba ada yang akan meningkatkan pengalaman kuliah di Bina Nusantara dengan memberikan akses informasi yang lebih mudah. Dengan memanfaatkan BINUS University Mobile untuk Dosen, BINUSIAN akan dapat mengakses informasi yang relevan untuk kegiatan mereka di Bina Nusantara.

    Perpustakaan yang mempunyai koleksi buku yang sebagian besar dalam bentuk format digital / virtual dan yang bisa diakses dengan internet.

    Platform yang menyedian konten dari BINUS untuk greater nusantara, dimana terdapat 35.000 lebih konten didalamnya.

    Media televisi komunitas yang dimiliki oleh Bina Nusantara. Sebagai media televisi komunitas yang berbasis streaming, Binus TV menjadi salah satu media informasi dan komunikasi yang ada dilingkungan Bina Nusantara selain media lainnya.

    BINUS University juga menyediakan materinya secara digital di platform iTunes U.

    Udemy adalah platform pembelajaran online yang menghadirkan 130.000+ kursus video dengan instruktur terlatih sebagai pengajarnya. BINUS juga turut hadir memberikan pembelajaran secara online dengan memberikan materi di Udemy.

    Bagi BINUSIAN yang ingin mengakses materi secara digital juga sekarang tersedia di YouTube berupa video.

    BINUS UNIVERSITY mengembangkan platform BINUS STORE, sebuah ekosistem yang menyediakan produk-produk akademik dengan harapan menjawab masalah masyarakat. BINUSIAN didorong untuk menghasilkan produk akademik yang inovatif dan berdampak tinggi. Orang-orang dapat menggunakan produk akademik yang diproduksi oleh BINUSIAN dengan harapan meningkatkan kualitas hidup.

    Webinar BINUS University adalah salah satu teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan seminar, talkshow, diskusi dan kegiatan lainnnya yang dilakukan secara online atau menggunakan internet tanpa harus bertatap muka secara langsung sama sekali.

    Platfom online learning yang menyediakan ratusan online courses yang dapat dimanfaatkan oleh BINUSIAN dan Masyarakat Umum.

    BINUS juga memiliki website khusus untuk orang tua yang dapat memantau secara online perkembangan perkuliahannya selama di BINUS.

    Berbagai platform online learning yang dimiliki BINUS ini diharapkan mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh BINUSIAN selama periode pembelajaran jarak jauh ini. Variasi dan kelengkapan platform yang ada diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar, kreatifitas, dan inovasi dari para BINUSIAN mulai dari mahasiswa/I hingga civitas academika-nya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kedepannya, platform-platform ini juga terus dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran meskipun proses belajar mengajar telah kembali ke kondisi normal.