BINUS UNIVERSITY

    Belajar dan Bekerja dari Rumah, Pendekatan Baru Adaptasi Teknologi

    Sejak awal minggu ini, istilah Work from home dan  learn from home seakan menjadi topik utama di semua lini komunikasi. Hal ini terkait himbauan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk melakukan social distancing atas penyebaran virus corona (COVID-19) yang oleh WHO sudah ditetapkan menjadi Pandemi. Sebelum Indonesia, negara-negara dengan tingkat kasus penyebaran virus corona yang lebih tinggi dan sudah lebih dulu menerapkan work from home dan learn from home dalam aktivitas warganya.

    Pemerintah, Perusahaan, lembaga pendidikan, serta masyarakat pun mulai menerapkan metode serta aplikasi pendukung yang dapat membuat kegiatan work from home dan learn from home menjadi efektif serta tetap menjaga produktivitas kerja maupun belajar.

    Di bidang Pendidikan, BINUS UNIVERSITY menerapkan learn from home dengan menggunakan metode online learning melalui BINUSMAYA. Dengan panduan GLSC (Guided Learning-self Class), mahasiswa akan mendapatkan modul pembelajaran yang berisi materi dan tugas kuliah. Dosen pun dapat mengadakan diskusi online serta video conference dengan mahasiswanya sesuai dengan jadwal matakuliah yang telah ditetapkan. Tidak hanya perkuliahan, bimbingan dan ujian skripsi-pun dapat dilakukan secara online.

    Layanan perkuliahan mahasiswa dan dosen pun tersedia seperti layanan permintaan dokumen, perbaikan dan persetujuan skripsi dan thesis, laporan enrichment, hingga layanan library dan knowledge center. Mekanisme layanan melalui email, BINUSMAYA, hingga melalui aplikasi watsapp dan line.

    Selain perkuliahan, Sebagian besar karyawan pun mulai hari ini (19/3) sudah melakukan work from home.  Selain aplikasi email dan percakapan standar, bekerja dari rumah juga dapat menggunakan aplikasi seperti Microsoft Teams untuk koordinasi kerja serta Zoom Cloud untuk melakukan video conference. Tentunya akan ada beberapa hal yang berbeda yang perlu disesuaikan dan dijalankan. Prioritas pekerjaan dan target juga perlu disesuaikan.

    Work from home juga dapat merubah perspektif karyawan dalam bekerja. Karyawan akan melihat sisi yang berbeda untuk tetap berkarya dan memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. Dengan melakukan Work from home secara efektif dan melihat sejauhmana efektifitas terhadap kinerja karyawan, diharapkan ini dapat menjadi terobosan cara bekerja di masa mendatang.

    Pj/2020