BINUS UNIVERSITY

    Apple Developer Academy Luluskan 194 Talenta Digital Indonesia

    AKURAT.CO, Apple Developer Academy batch kedua selesai digelar di Indonesia. Pada progam pengembangan talenta digital kali ini, pihaknya berhasil meluluskan 194 peserta didik yang mampu mengembangkan aplikasinya sendiri.

    Presiden Pendidikan Tinggi Binus, Stephen Wahyudi Santoso menjelaskan para peserta didik telah mendapatkan pelatihan intensif selama 10 bulan, sejak April 2019 hingga Januari 2020.

    Dari total 194 peserta, tidak semuanya memiliki latar belakang pendidikan teknologi. Meski begitu mereka berhasil mengembangkan 36 aplikasi siap pakai yang dapat membantu kehidupan sehari-hari masyarakat.

    “Dari 194 peserta didik, sebanyak 90 merupakan mahasiswa Binus University. Sementara 104-nya merupakan masyarakat umum yang berasal dari berbagai background,” ujarnya dalam acara Graduation Apple Academy, Selasa (14/1/2020), di Tangerang.

    Steven berharap para lulusan Apple Academy batch kedua ini bisa memperkaya jumlah talenta digital Tanah Air. Sehingga bisa menjawab kebutuhan para pelaku industri ke depannya.

    Di sisi lain, Menteri Riset Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (MenristekBRIN) Bambang Brodjonegoro, berpandangan para lulusan program tersebut bisa berkontribusi terhadap perkembangan teknologi di Indonesia

    Termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air dengan melahirkan perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi.

    “Saya berharap bisa mendapatkan enterpreneur yang hebat dari Apple Developer Academy ini,” ungkapnya.

    Adapun sejumlah aplikasi yang diperkenalkan dalam acara kelulusan Apple Developer Academy di antaranya Qiroah, Teman Netra, Leastric, Hearo, dan Canting.

    Qiroah merupakan aplikasi yang mendukung metode belajar membaca Al-Quran. Teman Netra dapat membantu mengarahkan masyarakat yang memiliki kesulitan penglihatan untuk mencari sesuatu.

    Sementara aplikasi Leastric dapat mengawasi penggunaan listrik. Hearo mampu mengubah bahasa isyarat menjadi sebuah teks dan audio, serta Canting memberikan pengalaman membuat karya seni batik.

    Sumber : https://akurat.co/iptek/id-957474-read-apple-developer-academy-luluskan-194-talenta-digital-indonesia