BINUS UNIVERSITY

    The Impact of Social Apps in Everyday Life

    Jaman sekarang, internet sudah menjadi fondasi penting dalam pembentukan gaya hidup. Seluruh kegiatan sekarang sudah menggunakan banyak sosial media. Walaupun hanya sebatas untuk mencari bahan-bahan masak, tutorial bagaimana mengolah sebuah mesin, dan banyak dari bagian tersebut telah membantu kelangsungan gaya hidup masyarakat Indonesia sekarang. Cabang dari internet ini adalah media sosial, dimana dalam platform ini masyarakat bisa berinteraksi ataupun mendapatkan informasi secara real time. Media sosial memang hanya menjadikan platform untuk bercengkrama, tetapi dengan adanya evolusi dalam bidang digital, media sosial kini sudah bisa menjadi ranah bisnis yang cukup menguntungkan. Salah satu aplikasi media sosial yang berkecimpung dalam dunia bisnis adalah Grab Indonesia.

    Grab Indonesia merupakan perusahaan jasa yang berbasis aplikasi sosial media. Grab cukup terkenal sebagai perusahaan jasa transportasi yang memfasilitasi pengguna dengan motor dan mobil. Dengan seiring berjalannya waktu, Grab Indonesia tidak hanya menyediakan jasa transportasi, melainkan menjadi sebuah tempat bisnis digital yang dapat membantu usaha-usaha kecil seperti salah satunya adalah hadirnya GrabFood, dimana dalam fitur ini para pengguna Grab dapat memesan makanan yang mereka inginkan hanya dengan sentuhan jari. Dengan adanya GrabFood, para usaha makanan kecil merasa sangat terbantu dengan adanya platform mereka berkembang secara bisnis dan juga dalam hal peningkatan pelanggan. Evolusi dalam penggunaan media sosial ini yang sebelunya hanya sebagai media untuk bercengkrama menjadi sebuah lapak berbisnis sangat menguntungkan pihak pengguna, dan juga dengan para usaha-usaha kecil yang bekerja sama.

    Terkait dengan isu ini, BINUS University menghadirkan Studium Generale yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2019 di Auditorium BINUS Alam Sutera. Pembicara yang hadir dalam Studium Generale ini adalah tak lain Vice President of Grab Indonesia, Igel Zibriel. Igel Zibriel menjelaskan bahwa Grab tidak hanya hadir dalam penyajian jasa untuk pengguna, melainkan juga sebagai salah satu area bisnis digital yang sapat mengembangkan satu bisnis dengan pesat, salah satunya adalah GrabFood dimana Grab bekerjasama dengan mitra makanan yang masih kecil untuk mencoba meluaskan ranah pelanggan dan meningkatkan bisnisnya melewati jalur digital. Selain itu, Igel Zibriel juga menjelaskan bahwa dengan adanya evolusi pada kegunaan sosial media, evolusi ini sangat berdampak pada gaya hidup para pengguna dikarenakan aplikasi ini menjadikan para pengguna hanya membutuhkan sentuhan jari untuk mendapatkan semua, sehingga adanya peningkatan dalam efesiensi dalam kehidupan pengguna.

    Dengan kuliah umum ini yang terlaksana dengan lancar, diharapkan para mahasiswa/i dapat mendapatkan wawasan baru perihal kegunaan aplikasi sosial media yang penuh dengan potensi dalam bisnis, dan juga mahasiswa BINUS University dapat mendapatkan intisari dari Studium Generale ini sehingga para mahasiswa/I bisa terus berinovasi dalam ranah media sosial dan bisnis.

     

    https://www.youtube.com/watch?v=KV2DbLjtLBI