BINUS UNIVERSITY

    Anita, The Future of Humanoid

    Perkembangan dalam bidang teknologi tentu berdampak dalam perkembangan TIK dan digitalnya itu sendiri. Banyak dari inovasi teknologi itu tersendiri menghasilkan sebuah inovasi yang cukup revolusioner, salah satunya adalah Humanoid. Humanoid adalah sebuah robot yang mampu berperilaku dan berbicara seperti manusia dan dapat merespon pertanyaan yang diutarakan oleh manusia. Dengan maraknya humanoid ini, muncullah sebuah inspirasi untuk salah satu mahasiswa BINUS University untuk merakit dan mengambangkan humanoid yang terkemuka.

    Robot humanoid ini bernama Anita. Anita ini dibuat oleh Vincent Andreas, seorang mahasiswa program studi Teknik Informatika. Anita ini adalah robot yang dirancang yang bisa berperilaku seperti manusia dimana bisa memberikan informasi sesuai database yang sudah di input oleh Vincent. Untuk prototype Anita tersendiri ini, Anita mampu menampung informasi seputar BINUS, seperti siapakah rector dari BINUS, dimana letak kantin, akreditasi dari BINUS University School of Computer Science, dan lain-lain.

     Cara kerja dari Anita ini adalah Anita akan mendeteksi wajah yang ingin berinteraksi dengan dia dan akan direspon. Setelah itu, kita bisa menyebutkan pertanyaan kita dan akan menerjemahkan suara pengguna dan mencari jawaban yang benar untuk menjawab pertanyaannya. Anita tersebut memiliki system Deep Learning, dimana sebuah robot memiliki processor yang hampir mirip dengan manusia; mampu membedakan warna, informasi, dan teks didalam sistemnya. Selain Deep Learning, Anita juga memiliki Speech Recognition Systems dimana Anita mampu berinteraksi dengan pengguna dengan bahasa yang di implementasikan kepada Anita. Untuk saat ini, Anita mampu memahami Bahasa Indonesia dan berbicara dalam Bahasa.

    Salah satu inspirasi Vincent membuat dan mengembangkan Anita adalah dari semua robot humanoid yang hadir di muka bumi, terutapa Sophia yang sangat viral hingga detik ini. Ada juga harapan dari Vincent bahwa Anita menjadikan sebuah humanoid yang dapat membantu dalam berbagai bidang, terutama dalam dunia resepsionis dimana Anita akan terus menerus mendapatkan input bilmu kedalam system Anita tidak hanya dalam seputar BINUS lagi, tetapi hal yang dapat membantu manusia dalam kehidupannya sehari-hari.