BINUS UNIVERSITY

Inagurasi Binus Diikuti Lebih dari 12 Ribu Mahasiswa Baru

KOMPAS.com – Lebih dari 12.000 mahasiswa baru Universitas Bina Nusantara ( Binus) resmi dilantik dan bergabung dalam komunitas Binusian. Pelantikan mahasiswa baru tersebut menjadi bagian dalam acara Inagurasi Binusian 2023. Acara diadakan serentak pada 14 September 2019 di tiga kampus yaitu Binus Alam Sutera, Binus Bandung, serta Binus Malang ini diikuti oleh mahasiswa baru (Binusian 2023) dari berbagai kampus yakni; Binus Alam Sutera, Binus Kemanggisan, Binus Senayan, dan Binus Bekasi, Binus Bandung, dan Binus Malang total jumlah lebih dari 12.000 mahasiswa baru. Inaugurasi Binusian 2023 ini merupakan puncak rangkaian First Year Program (FYP) yang terdiri dari General Orientation dan Academic Orientation. Pada General Orientation, Freshmen diperkenalkan sikap dan perilaku positif terhadap kehidupan perkulihan di Binus University.

Human configuration

Lebih dari 12.000 Mahasiswa baru Universitas Bina Nusantara (Binus) resmi dilantik dan bergabung dalam komunitas Binusian. Acara diadakan serentak pada 14 September 2019 di tiga kampus yaitu Binus Alam Sutera, Binus Bandung, serta Binus Malang. Sedangkan selama Academic Orientation, Freshmen dipersiapkan dengan berbagai materi yang dapat membantunya menemukan strategi belajar sesuai dengan jurusan dijalaninya.

Acara dibuka parade berturut-turut dilakukan Pimpinan, Dosen, serta Mahasiswa baru kampus Binus Bandung, Binus Malang, dan ditutup oleh Binus Alam Sutera. Selain itu mahasiswa baru di Binus Alam Sutera menampilkan atraksi “human configuration” membentuk sekitar 17 formasi tulisan dan gambar, seperti bendera Indonesia, nama-nama kampus, Binusian Values, hingga maskot Binus yaitu lebah. Acara puncak yaitu pelantikan Binusian 2023 oleh President of Binus Higher Education serta Rektor Binus University dengan prosesi mengenakan jas almamater dan pengucapan janji Binusian yang dilakukan serentak seluruh mahasiswa baru di tiga kampus Binus.

Kontribusi pada masyarakat

Selain itu diadakan pemberikan penghargaan Beasiswa Widia kepada 11 mahasiswa berprestasi serta 5 Binus World Class Equity Scholarship bagi mahasiswa asing yang kuliah di Binus University. Dalam sambutannya, President of Binus Higher Education Stephen Wahyudi Santoso mengemukakan harapannya agar Binusian 2023 menjadi generasi muda masa depan yang dapat melakukan visi Fostering and Empowering, dengan memberikan kontribusi nyata dalam mendidik, memperkaya, dan memberdayakan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik.

“Selamat bergabung ke dalam komunitas Binusian. Sukses untuk studi anda semua. Dan sampai jumpa di wisuda kalian di tahun 2023!”, ucapnya menutup sambutan. Acara ditutup dengan berbagai hiburan oleh UKM Dance-Stamanara, serta pertunjukan musik JAZ dan DJ Alffy Re.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Inagurasi Binus Diikuti Lebih dari 12 Ribu Mahasiswa Baru”, https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/16/18253721/inagurasi-binus-diikuti-lebih-dari-12-ribu-mahasiswa-baru.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo