BINUS UNIVERSITY

Kontribusi Membangun Entrepreneurship, BINUS UNIVERSITY Terima Hibah Bantuan Fasilitas Pendidikan Bank Mandiri

Pada tahun 2018 yang lalu, BINUS University mendapatkan salah satu penghargaan sebagai Universitas terbaik Ke Tiga dari Bank Mandiri dalam acara Wirausaha Muda Mandiri 2018. Penghargaan tersebut diraih oleh BINUS sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi luar biasa pada acara WMM 2018 tersebut. Hal ini disampakan oleh Vice President Bank Mandiri Ibu Yuda Nurseta Dewi pada acara seremoni penyerahan hibah fasilitas pendidikan entrepreneurship. Beliau mengatakan bahwa peserta mahasiswa dari BINUS merupakan yang terbanyak dan terlengkap dalam hal kelengkapan data pesertanya.

Hasilnya 3 mahasiswa menjadi finalis nasional dan satu diantaranya menjadi juara 1 Nasional kategori industri kreatif. Satu orang alumni BINUS juga menjadi juara 2 nasional kategori fintech. Atas prestasi inilah BINUS diberikan penghargaan sebagai Universitas terbaik III secara Nasional dan berhak mendapatkan dana hibah bantuan fasilitas pendidikan sebesar 200 Juta Rupiah. Pada tanggal 23 April kemarin pihak bank mandiri secara resmi menyerahkan fasilitas-fasilitas tersebut kepihak BINUS di Kampus Anggrek.

 Acara ini dihadiri oleh Vice President Bank Mandiri Ibu Yuda Nurseta Dewi dan Vice Rector III BINUS University Dr. Meyliana. Kedua belah pihak sama-sama berharap dengan adanya fasilitas tersebut dapat meningkatkan kualitas dan menambah minat mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur. BINUS University selaku Lembaga Pendidikan yang senantiasa berada untuk mendampingi mahasiswa dan mahasiswinya selalu memberikan dukungan dan memfasilitasi segala bentuk usaha yang akan dilakukan oleh mahasiswa atau mahasiswi tersebut.

BINUS Entrepreneurship Center merupakan divisi yang dibentuk oleh BINUS University untuk mengakomodasi segala kebutuhan bagi pada mahasiswa dan mahasiswi untuk terus menumbuhkan bisnis mereka. Segala yang dibutuhkan oleh seorang Entrepreneur disediakan untuk membantu dan mengembangkan potensial yang ada dalam diri para mahasiswa, dimulai dari pengembangan konsep bisnis, mentoring melalui pengalaman dan sharing para expert, penggalangan dana (funding), hingga incubator yang dilakukan untuk membekali para mahasiswanya.

Selain dari hal yang disebutkan diatas, BINUS University juga mempunyai program 3+1 untuk para mahasiswanya, dalam program ini mahasiswa diajak untuk berkuliah 3 tahun hadir dikampus dan 1 tahun untuk mendapatkan pengalaman diluar kampus ( dilapangan ). Dalam 1 tahun yang berada diluar kampus tersebut mahasiswa diajak untuk memilih track sesuai dengan bidang yang ingin digelutinya, namun BINUS selaku Lembaga Pendidikan menyediakan track internship, entrepreneurship, research, community development, dan study abroad sehingga dipastikan setiap mahasiswa mempunyai pengalaman dilapangan.

Satu hal yang menarik dari program ini adalah mahasiswa bisa memilih track entrepreneur nya sendiri tanpa adanya paksaan dari siapapun, itu berarti pengembangan serta pembekalan yang dilakukan oleh BINUS terhadap mahasiswa yang mengambil track tersebut tepat pada sasarannya. Sehingga mahasiswa tersebut benar-benar merasakan dibimbing oleh para ahli, diakomodasi untuk pencarian dana modal, aplikasi konsep bisnis hingga pada akhirnya bisnis tersebut dapat direalisasikan oleh mahasiswa BINUS University.

Dari sinilah BINUS University ingin berkomitmen, 1 dari 3 lulusannya dapat bekerja diperusahaan global atau sisanya menjadi entrepreneur untuk mengembangkan usahanya sendiri. Menjadi lulusan yang berpengalaman dalam dunia bisnis bukan hanya untuk menguntungkan suatu pihak, namun juga berpengaruh serta berkontribusi bagi kemajuan bangsa, membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pendapatan negara, yang hingga pada akhirnya diharapkan dapat membantu Indonesia dalam kompetisi atau persaingan secara global.