BINUS UNIVERSITY

Media Coverage : Kolaborasi Binus dan Erasmus Wujudkan Ekosistem Wirausaha Kampus

KOMPAS.com – Bina Nusantara ( Binus) University berkolaborasi dengan Beehive Project yang didirikan Erasmus+ Programme for Capacity Building in Higher Education menggelar “Beehive Label Conference” yang diselenggarakan di Binus University Kampus Anggrek, Jakarta (10/4/2019). Konferensi ini membahas dan memberikan pencerahan mengenai entrepreneurial university concept, best practices penerapan ekosistem kewirausaan pada beberapa perguruan tinggi di Eropa, hingga penerapan online learning dalam mendukung pembelajaran kewirausahaan.   Acara ini dihadiri pimpinan Binus University, perwakilan Erasmus dan Beehive Project, serta perwakilan universitas peserta yang berasal dari Indonesia, Yunani, Islandia, Bulgaria, Italia, Irlandia, dan Filipina.

Kesamaan misi pendidikan

Beehive Project memiliki misi membangun ekosistem kewirausahaan berbasis universitas yang berkelanjutan di dua negara Asia yaitu Indonesia dan Filipina.

Selain itu Beehive mengasah kemampuan entrepreurship mahasiswa dan lulusan untuk menciptakan lapangan kerja yang dalam jangka panjang akan memiliki berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat serta ekonomi berbasis pengetahuan di kedua negara tersebut. Sebagai perguruan tinggi yang berorientasi melahirkan lulusan dengan kemampuan entrepreneurship yang tinggi, Binus University berkomitmen untuk berinovasi meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam mempersiapkan generasi muda yang siap bersaing menghadapi revolusi industri 4.0.

Kolaborasi patner industri

Selain sistem pendidikan yang terus disempurnakan, kolaborasi dengan partner industri serta organisasi di dalam dan luar negeri juga tidak kalah penting untuk menciptakan suatu ekosistem yang memperkuat entrepreneurship baik untuk mahasiswa, lulusan, maupun lembaga.  “Terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kolaborasi antara Binus dengan Beehive Project. Diharapkan kolaborasi ini dapat menciptakan ekosistem yang memperkuat program 3+1 yang dimiliki Binus dalam hal mengembangkan kemampuan entrepreurship mahasiswa”, harap Ibu Meyliana, Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship Binus. Program 3+1 BINUS UNIVERSITY mempersiapkan lulusan berkualitas, berwawasan global dan memiliki kemampuan praktis yang tinggi. Program ini memiliki sistem belajar selama tiga tahun di kampus dan 1 tahun mengambil salah satu dari lima enrichment yaitu: internship, community development, research, study abroad (kuliah di luar negeri), entrepreneurship (start-up business).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kolaborasi Binus dan Erasmus Wujudkan Ekosistem Wirausaha Kampus”, https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/13/13171021/kolaborasi-binus-dan-erasmus-wujudkan-ekosistem-wirausaha-kampus.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo