BINUS UNIVERSITY

BINUS dirikan pusat riset Artificial Intelligence

JAKARTA (IndoTelko) – BINUS University berkolaborasi dengan NVIDIA dan Kinetica mendirikan Artificial Intelligence (AI) Research and Development Center untuk memperkuat pengetahuan tentang kecerdasan buatan.Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI). AI adalah sebuah ilmu pengetahuan terdepan dalam bidang teknologi informasi. AI merupakan kunci untuk masa depan digital yang mampu menjawab semua tantangan data yang kompleks. Pemahaman yang dalam dari AI diharapkan dapat mendukung karir generasi muda ke dunia  internasional dan menunjukan hasil karyanya ke seluruh penjuru Indonesia.

Dengan kemampuan NVIDIA dalam menguatkan program edukasi dan penelitian, mampu menampilkan potensi komersial dari GPU – aplikasi Deep Learning yang telah terakselerasi, mengikuti kualitas ilmiah tertinggi, nilai dan standar etika dalam aktivitasnya. Terlebih lagi, kolaborasi ini akan mendukung BINUS UNIVERSITY untuk menjadi pusat riset dan perkembangan AI yang pertama di Indonesia.

“Pusat riset adalah salah satu hasil nyata dari visi BINA NUSANTARA untuk terus membina dan memberdayakan masyarakat dalam membangun dan melayani bangsa. Kami berharap bahwa inisiatif ini bisa membantu perguruan tinggi di Indonesia untuk memperkuat jaringannya secara lokal maupun mancanegara,” ungkap CEO BINA NUSANTARA, Ir. Bernard Gunawan dalam keterangannya, kemarin.Vice President Sales dan Marketing untuk Regional Asia Pasifik NVIDIA Raymond The menambahkan dalam mendirikan AI R&D CENTER, BINUS UNIVERSITY dan NVIDIA juga berkerja sama dengan Kinetica untuk menyediakan database yang terakselerasi untuk menjalankan server GPU.

“AI R&D  CENTER ini berlokasi di Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY, dilengkapi dengan fasilitas teknologi mutakhir dan lingkungan kerja yang kondusif untuk melakukan riset,” ujarnya.Vice President APAC, Kinetica Joseph Lee  menambahkan peneliti dunia sedang menerobos batasan-batasan kecerdasan buatan dan menghasilkan banyak hal yang berimbas ke seluruh dunia untuk membuat hidup semua orang menjadi lebih baik.“Kami mengedepankan riset fundamental, pengembangan universitas, dan bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY dalam pembuatan lab untuk menyimpan semua pionir AI lebih dahulu daripada tren yang ada dengan support dari mahasiswa, dengan bantuan dari peneliti dan insinyur, juga akses untuk untuk system computer GPU yang paling mutakhir,” katanya.(wn)

https://www.indotelko.com/read/1503976114/binus-artificial-intelligence