BINUS UNIVERSITY

Wisnu Jatmiko

Guru Besar


Prof. Wisnu Jatmiko adalah seorang Guru Besar UI bidang Kecerdasan Buatan (AI) dan Robotika yang telah banyak berkecimpung dalam pengembangan keilmuan melalui aktivitas penelitian. Beliau lahir di Surabaya, 16 Desember 1973.

Prof. Wisnu rutin melakukan penelitian kemudian mempublikasikannya dalam jurnal maupun konferensi Internasional terindeks Scopus dan terdaftar di basis data IEEE. Sampai saat ini, jumlah seluruh artikel ilmiah yang telah dihasilkan mencapai lebih dari 100 publikasi.

Selain publikasi ilmiah, Prof. Wisnu juga telah menulis 11 buku di bidang Ilmu Komputer, 6 hak kekayaan ilmiah untuk produk-produk penelitian seperti Simulator Robot Pencari Sumber Asap, Sistem Telehealth Pertumbuhan Janin, Prototype Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Terdistribusi, E-Cardio, dan sebagainya.

Penelitian-penelitian tersebut mendapat pengakuan dalam 107 dan 108 Prospective Innovations of Indonesia. Selain itu Prof. Wisnu juga pernah menjadi Duta Ilmu Pengetahuan Nasional 2014 dan penerima Habibie Award 2015.