Jakarta, 9 Mei 2017, Perkumpulan Chief Information Officer Indonesia (iCIO Community) menandatangani Memorandum of Understadnign (MoU) dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Universitas BIna Nusantara (BINUS) untuk meningkatkan program pendidikan digital srta memperkuat relasi dunia bisnis dan pendidikan dalam membangun talent pipeline di bidang teknologi komunikasi dan informasi (TIK) di Indonesia. Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017. Kesepakatan kerjasama ini juga selaras dengan recana pemerintah dalam pengembangan ekosistem digital untuk mendukung terealisasinya misi Indonesia menjadi negara berbasis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020 yang dicanangkan pemerintah baru-baru ini.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan, “Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik penandatanganan MoU antara iCIO COmmunity, FTUI dan BINUS. Kerjasama antara dunia usaha dan pendidikan sangat penting untuk membangun daya saing Indonesia di masa depan Indonesia. Kesepakatan kerjasama ini juga selaras dengan rencana pemerintah dalam pengembangan ekosistem digital untuk mendukung terealisasinya misi Indonesia menjadi negara berbasis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020 yang dicanangkan pemerintah baru-baru ini.”

Ongki Kurniawan, Sekretaris Jenderal, iCIO Community mengatakan, “Era digital membuka kesempatan kerja yang luas namun hampir semua CIO yang menjadi iCIO Community mengaku kesulitan merekrut SDM yang memiliki skill dan pengetahuan digital yang cukup. Hal ini tidak hanya dialami pelaku bisnis di INdonesia melainkan juga di seluruh dunia. iCIO Community ingin bekerjasama dengan institusi pendidikan tinggi untuk membantu mahasiswa meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sehingga lebih siap terjun di industri yang berkembang sangat cepat ini. Kami sangat senang bekerjasama dengan FTUI dan BINUS melalui berbagai program untuk membangun digital talent.”

iCIO Community akan bekerjasama dengan FTUI dan BINUS dalam pengembangan kurikulum, penyediaan informasi kesempatan praktik kerja di perusahaan-perusahaan dimana para anggota iCIO Community bekerja, guest lecture hingga kegiatan penelitian. iCIO Community juga akan mendorong kerjasama dunai bisnis dengan perguruan tinggi dalam inovasi digital yang ditujukan untuk membantu transformasi digital di lingkungan bisnis di Indonesia.

Kerjasama iCIO COmmunity dan FTUI telah dimulai sejak satu tahun yang lalu melalui program iCIO Contribute dengan menghadirkan para CIO untuk membagi pengetahuan dan pengalaman terkait berbagai praktik-praktik teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan bisnis dan Focus Group Discussion untuk membahas Lima Tantangan Ekosistem TIK Indonesia bagi para CIO. Melalui MoU ini kedua belah pihak juga sepakat untuk terus meningkatkan kerjsama tersebut.

Prof. DR. Ir. Dedi Priadi, DEA, Fakultas Teknik UI mengatakan, ” FTUI menyambut baik kerjsama dengan iCIO Community. Era Digital menuntut perubahan dalam segala aspek kehidupan mulai dari cara berbisnis hingga kehidupan sehari-hari. Dengan demikian menjadi krusial bagi FTUI selaku institusi pendidikan untuk memperisapkan SDM yang memiliki skill maupun pemahaman menyeluruh terkait digitalisasi. Kerjasam dengan iCIO Community menjadi bagian dari usaha FTUI untuk secara konstan memperbaharui kurikulum pendidikan dalam rangka membekali para mahasiswa dengan bekal skill dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan implementasi bisnis di dunia.”

Melalui MoU dengan BINUS, inisiatif kerjasama pertama yakni guest lecture akan terus ditingkatkan dengan bebagai inisiatif lainnya sepertli penelitian besama, forum diskusi, pengembangan kurikulum, hingga program praktek kerja. Program-program tersebut diharapkan bisa lebih meningkatkan pemahaman para mahasiswa BINUS terkait berbagai tantangan yang dihadapi berbagai perusahaan di Indonesia di tengah perubahan lingkungan bisnis yang demikian cepat yang salah satunya dipicu oleh perkembangan teknologi, serta pengembangan kemampuan mahasiswa untuk lebih adaptif, kreatif serta inovatif yang akan menjadi nilai tambah di dunia kerja.

Idria Gautama So,S.Kom., SE, MM, MBA, Ph.D, Wakil Rektor BINUS mengatakan, ” Salah satu kunci kesuksesan dari misi pemerintah Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara sangat ditentukan oleh kesiapan SDM-nya. BINUS senang dapat bekerjasama dengan iCIO Community dalam rangka memperkuat upaya kami untuk membangun SDM digital yang lebih berkualitas dan memberikan kontribusi nyata bagi negara memasuki era digital.”

Tentang iCIO Community

iCIO Community adalah komunitas para Chief Information Officer dan eksekutif di bidang TIK dari beragam perusahaan dan organisasi di Indonesia. Dengan pengetahuan dan pengalaman kolektif 200 lebih anggotanya dalam penerapan dan pemanfaatan TIK, iCIO Community merupakan aset nasional yang siap berkontribusi dalam pembangunan TIK dan industri di Indonesia. Informasi selengkapnya mengenai iCIO Community bisa diakses melalui www.ciocommunity.org