BINUS UNIVERSITY

Studium Generale Bersama WWF Indonesia: “ Strategy Social Campaign to Raise Social Awareness”

BINUS UNIVERSITY menunjukan komitmen dalam memberikan layanan pendidikan terbaiknya dengan kembali menyelenggarakan acara Studium Generale. Seperti pada penyelenggaraan acara-acara sebelumnya, tema menarik dan tentu memiliki kaitan dengan perkuliahan para mahasiswa, diusung pada acara ini. Pada Studium Generale kali ini, tema yang diangkat adalah mengenai “Strategy Social Campaign to Raise Social Awareness”. Kali ini, BINUS mengajak World Wildlife Fund (WWF) Indonesia sebagai mitra acara.

Pada kesempatan kali ini, Dewi Satriani, Campaign and Mobilization Manager WWF Indonesia, didaulat menjadi pembicara utama. Pada kesempatannya tersebut, Dewi berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam membangun sebuah kampanye sosial yang sudah seringkali diselenggarakan oleh organisasi tempatnya bernaung.
Sebagai organisasi nirlaba yang memang bergerak di bidang sosial, khususnya pelestarian lingkungan hidup, kampanye sosial menjadi salah satu roda penggerak menuju objektif yang tentu sesuai dengan visi-misi organisasi.

“Dengan visi untuk menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia dan mengelolanya secara berkelanjutan dan merata, menjadi tugas kami untuk terus meningkatkan kepedulian masyarakat akan lingkungan hidup di sekitarnya. Dengan kampanye sosial, tujuan kami bisa jadi tercapai,” ucap Dewi.

Di depan Binusian yang hadir acara hari ini, selain menceritakan pengalamannya, Dewi juga membagi kiat-kiat untuk mampu menjalankan strategi kampanye sosial yang efektif agar mampu mencapai tujuan yang ingin diraih.

Dewi menyebutkan, setidaknya ada lima komponen utama untuk menjalankan sebuah kampanye sosial; Target Audience, Key Message, Calls (to) Action, Campaign Monitoring and Evaluation, dan Exit Strategies. Kelima komponen ini menurut Dewi, penting untuk menjadi perhatian apabila ingin membuat sebuah strategi kampanye sosial.

Dengan diselenggarakannya Studium Generale kali ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan Binusian, terutama rekan-rekan di Program Studi Marketing Communication yang memang mendominasi kehadiran pada acara ini, untuk mampu membuat sebuah kampanye sosial yang baik. Sehingga setidaknya mampu meningkatkan kepedulian sosial masyarakat Indonesia lebih luas dan menjadikan bangsa ini memiliki kehidupan sosial yang jauh lebih baik.