Dewasa ini perkembangan e-commerce di Indonesia semakin berkembang dengan pesat, sejalan dengan perkembangan teknologi. Beberapa sektor industry melirik e-commerce sebagai strategi baru mereka, dan tidak sedikit pula start-up yang membangun e-commerce dari dasar hingga berkembang pesat seperti yang kita ketahui sekarang.

Untuk itu kebutuhan mata pelajaran e-commerce dan perkembangan teknologi serta bisnis di Indonesia menjadi sebuah kebutuhan penting yang tidak bisa dilepas, untuk membantu membangun soft skills serta hard skills mahasiswa, agar dapat bersaing saat sudah kerja nanti. Maka itu BINUS UNIVERSITY selalu memberikan pengalaman maupun pelajaran kepada mahasiswanya, salah satunya adalah dengan menggelar seminar bertajuk “ E-commerce in Indonesia (Oppurtunity and Challenges)”, bersama dengan E-commerce besar yang ada di Indonesia, Berrybenka.com.

Dengan mengundang Danu Wicaksana selaku Managing Director dari Berrybenka.com, BINUS beserta dengan mahasiswa diber banyak sekali ilmu mengenai perkembangan E-commerce yang ada di Indonesia. Danu Wicaksana mengungkapkan bahwa E-commerce yang ada di Indonesia masih berjalan sangat lambat dikarenakan oleh beberapa factor. Salah satu faktornya adalah perkembangan internet yang masih belum merata, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Selain itu, kebutuhan masyarakat terhadap internet tidak sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan perkembangan massive E-commerce di Indonesia, Danu mengungkapkan bahwa kesempatan perkembangan bisnis di Indonesia ini masih bisa dikembangkan karena banyaknya new buyer yang baru transaksi di E-commerce tahun ini, dan masih mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan bisnis ini.

Danu mengungkapkan, setiap E-commerce yang ada di Indonesia pasti mempunyai bisnis model yang bermacam-macam, hal tersebut karena mereka harus benchmark dengan E-commerce di negeri orang untuk mencari funding bagi bisnis mereka. Adapun challenges yang akan kita temui bila ingin tahu lebih dalam melalui E-commerce adalah pengaturan logistic, cara pembayaran, serta talent yang dibutuhkan untuk ada di bisnis ini.

BINUS berharap dengan diadakan seminar seperti ini, mahasiswa dapat mengetahui trend yang ada di dunia pekerjaan, dan dapat membantu mereka untuk dapat bersaing secara global (PM)

a b c d e f h