Guna memajukan kualitas pendidikan yang lebih baik di Indonesia, BINUS UNIVERSITY selalu mengedepankan kegiatan-kegiatan yang edukatif guna menunjang kebutuhan soft skills maupun hard skill mahasiswa. Untuk itu BINUS selalu memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bisa mengembangkan kemampuan mereka, dengan mencukupi semua kebutuhan akan hal tersebut.

 Salah satunya adalah dengan mengikutsertakan mahasiswa BINUS kedalam ajang bergengsi seperti Asean Skilss Competition (ASC). ASC sendiri merupakan sebuah kompetisi keterampilan berstandart internasional 2 tahunan antara pemuda-pemuda di tingkat ASEAN. Kompetisi ASC ke IX di gelar di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) pada tanggal 24-26 September 2016.

Indonesia berpartisipasi dengan mengirimkan 38 kompetitor untuk 21 kejuruan pada kompetisi ini. Para wakil bangsa ini berhasil mengukir prestasi pada kegiatan ini untuk mengukuhkan Indonesia sebagai runner-up dalam perolehan medali dengan perolehan total 13 medali emas, 2 medali perak, 7 medali perunggu, dan 14 medallion for excellence (medali untuk kompetitor yang mencapai standar kompetisi 500 poin).

Delegasi Binus University pada kompetisi ini terdiri dari 10 kompetitor dan 9 Expert pendamping sekaligus juri kompetisi 5 kejuruan. Tim ini berhasil menyumbangkan 6 medali emas, 1 medali perak, 1 medali perunggu, dan 2 medallion for excellence.

Pada kejuruan IT – Software Solutions for Business, yang didampingi oleh Win Ce dan Monica Hidajat : medali emas sekaligus penghargaan Best of Nation (penghargaan untuk kompetitor dengan nilai tertinggi dari tiap negara) diraih oleh Riza Budi Prasetya  dan Arrival Dwi Sentosa berhasil meraih medallion for excellence.

Pada kejuruan Mechanical Engineering Design – CAD, yang didampingi oleh Ahmad Juang Pratama dan Rachmansyah :  medali Emas diraih oleh Kurniaji Wahid Solihin dan Iskandar Yuwono berhasil meraih medallion for excellence.

Pada kejuruan Web Design, yang didampingi Hantze Sudarma : medali emas diraih oleh Kenrick Satrio Sahputra (Binusian 2016 Binus University jurusan Computer Science) dan Hadi Setiawan (Binusian 2016 Binus University jurusan Computer Science).

Pada kejuruan Graphic Design Technology, yang didampingi oleh Arnold Sandjaja dan Darma Jacobus : medali emas diraih oleh Nathannia Euodia Harsono (Binusian 2017 Binus International jurusan Graphic Design & New Media) dan Okky Permana Soedargo (Binusian 2016 Binus International Jurusan Graphic Design & New Media).

Pada kejuruan IT – Network System Administration, yang didampingi oleh Johan Muliadi Kerta dan Indra Dwi Rianto :  medali Silver diraih oleh Nasohi Ciptandani (Binusian 2019 jurusan Computer Science) dan Shaldy Ramandani Zein berhasil meraih medali perunggu.

Para kompetitor sebagian merupakan mahasiswa Binus University, sebagian berasal dari institusi lain. Namun, seluruhnya merupakan wakil bangsa yang prestasinya diharapkan menginspirasi generasi muda, para Binusian khususnya, untuk terus belajar, berkarya lebih baik serta berani berpartisipasi dan berprestasi dalam kompetisi.