BINUS UNIVERSITY

“Comouflage Smart Home System” Sebuah Inovasi Terbaru dari Mahasiswa BINUS UNIVERSITY yg Ramah Lingkungan.

Pada hari Jumat, 2 September 2016. jurusan Sistem Komputer terus melakukan inovasi. Fendy Halim dan Achmad Ardiansyah serta Hok Kinm merupakan mahasiswa BINUS yg telah melakukan inovasi terbaru pada teknologi Building Control System dengan nama Camouflage Smart Home System.

Comouflage Smart Home System merupakan sebuah alat yg mampu melakukan kontrol terhadap suhu ruangan, lampu, pompa air dan peralatan elektronik lainnya yang berada di dalam sebuah rumah atau gedung. Sistem ini dilengkapi dengan digital KwH meter utk mengukur daya listrik yg dipergunakan.

Manfaat dari alat ini adalah membantu mematikan peralatan listrik yang tidak dibutuhjan atau terjadwal sehingga dapat menghemat energu untuk rumah dan gedung.

Sistem yang diperuntukan untuk smart house ini memang sudah tidak asing di kalangan masyarakat modern saat ini. Namun yanh menarik dalam inovasi mahasiswa BINUS kali ini adalah sistem ini memungkinkan penggunanya utk dapat memonitor dan mengontrol peralatan listrik di gedung via smart phone, dan menghemat penggunaan listrik hingga 70%.

Pada hari ini, di Ruang Rektorat Kampus syahdan, dilakukan media interview yang agendanya akan berisikan mengenai demo serta pengenalan alat tersebut.

Media yang hadir antara lain seperti Okezone.com, Info Puri, Media Indonesia, dan Tech in Asia.

“Kita dapat melakukan efesiensi dengan menggunakan energy listrik sesuai dengan kebutuhan yang dibantu oleh system otomasi gedung. Sinergi IT dan elektronika dapat mewujudkan solusi pintar system otomasi gedung yang merupakan bagian dari smart city”, Ungkap Wiedjaja Atmadja, S.Kom., M.Kom. Selaku dosen pembimbing.

Wiedjaja menambahkan bahwa dalam perancangan smart city, salah satu komponen penting adalah efisiensi energy. Kota modern seperti Jakarta memiliki banyak gedung, efisiensi energi yang dipergunakan dalam gedung menjadi factor penting. Melalui inovasi terbaru ini memungkinkan seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengaplikasikannya sehingga tercipta Indonesia yang lebih hemat energi (PM)