Masalah penyalah gunaan narkoba di Indonesia saat ini, sudah mencapai titik yang mengkhawatirkan. Bukan hanya di kalangan remaja yang ingin sekedar mencoba–coba , bahkan narkoba sudah menjadi salah satu kebutuhan orang dewasa di Indonesia. Peristiwa makin banyaknya penyalahgunaan narkoba di berbagai kalangan saat ini benar-benar telah mengkhwatirkan masyarakat dan keluarga-keluarga di Indonesia. Bahkan setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati Hari Anti Narkoba Internasional. Momentum ini untuk mengingatkan kembali akan bahaya narkoba dan pentingnya menjauhi narkoba, agar anak muda maupun dewasa sadar akan bahaya narkoba.

Dalam rangka membangun bangsa menuju Indonesia yang kuat tanpa narkoba, setiap tahunnya BINUS melakukan kegiatan baik sifat pencegahan maupun keterlibatan dalam program-program pemerintah. Salah satunya adalah menyelenggarakan tes urine di area kampus  sebagai wujud pencegahan dikalangan mahasiswa. BINUS sendiri pun mempunyai duta yang disebut dengan Duta BINUSIAN yang diutus oleh BNN (Badan Narkotika Nasional). Mereka adalah Destya Putri dan Alex Auditya.

Dengan adanya Duta Narkoba BINUSIAN ini, BINUS berharap mahasiswa maupun seluruh BINUSIAN bisa lebih berkomitmen untuk memerangi narkoba secara bersama. Karena narkoba merupaka masalah serius dan harus diperangi bersama-sama.

Maka dengan adanya komitmen untuk terus memenrangi narkoba, Jumat, 29 April 2016 kemarin, BINUS UNIVERSITY bersama BNNK melakukan tes urine di kampus Alam Sutera untuk beberapa jurusan yang sedang mengikuti ujian. Jurusan itu antara lain adalah accounting, computer science, dan international marketing. Mahasiwa yang berjumlah 200 orang tersebut diwajibkan mengikuti tes urine dan diawasi ketat oleh petugas BNNK

“Tujuan kampanye ini adalah kita ingin mendeteksi dan mengontrol penggunaan narkoba di lingkungan kampus agar BINUSIAN bersih dari narkoba. Selama ini kasus-kasus penyalahgunaan narkoba di BINUS belum ada, dan kami harapkan akan terus seperti itu, dengan adanya tes urine yang akan kami jalankan secara rutin”, Ujar Andreas Chang selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development. (PM)