JAKARTA – Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu telah menghasilkan alat dan mesin yang mempermudah aktivitas manusia. Dari berbagai inovasi, salah satu penemuan yang paling fantastis yakni robot. Penemuan ini di masa depan bahkan diperkirakan menggantikan tugas manusia atau membantu bekerja sehari-hari.

Penciptaan robot nyatanya mulai diminati anak muda. Tiga mahasiswa Bina Nusantara (Binus) University yakni Reinhard Lazuardi Kuwandy, Oey Kevin Wijaya, dan Christian Tarunajaya bahkan mampu menciptakan intelligent humanoid robot yang bisa berbicara bahasa Indonesia. Robot seperti ini merupakan yang pertama di Tanah Air.

Kendati demikian, pembuatan robot tersebut tidaklah mudah. Dalam prosesnya, mereka menemukan berbagai kendala, baik dalam perakitan maupun mencari literatur.

“Kendala misalnya dalam mengenali bahasa baru, apalagi kita menggunakan bahasa Indonesia. Kemudian juga alat-alat yang harus dipasang ke robot. Rata-rata bahan-bahannya impor karena tidak ada di Indonesia,” tutur Reinhard di Kampus Binus Anggrek, Jakarta, belum lama ini.

Reinhard mengatakan, intelligent humanoid robot buatan timnya merupakan tahap awal lantaran proses pengembangannya selama tiga tahun. Sedangkan proses pembuatannya hingga sampai seperti ini membutuhkan waktu lima bulan.

“Kami akan terus memperbaiki. Misalnya dari sisi gerakan dan perangkat lunaknya,” imbuh dia.

Sedangkan rekannya, Christian, mengungkapkan sempat mengalami kesulitan mencari referensi jurnal pada tahap awal. Menurut dia, dokumentasi tentang pengenalan robot, terutama yang mampu mengenali wajah dabn suara masih minim di Indonesia.

“Kami mempelajari segalanya dari awal. Di hardware juga masih belum sempurna. Tali itu bukan keterbatasan dari robotnya, hanya menjadi penghalang saat perakitan,” tandas mahasiswa teknik informatika tersebut.

Sumber:

http://news.okezone.com/read/2016/03/04/65/1327971/kendala-mahasiswa-ciptakan-robot-cerdas