Di Indonesia tingkat penggunaan internet semakin meningkat setiap tahunnya, dan dari pengguna internet yang terus meningkat, hampir seluruhnya digunakan untuk mencari informasi atau berita. Blog sendiri merupakan sebuah sumber informasi yang sifatnya personal dan banyak dicari ketika dibutuhkan, sehingga tidak menutup kemungkinan banyak perusahaan yang bekerja sama dengan blogger untuk melakukan review terhadap produk maupun brandnya.

Melihat kebutuhan pasar yang begitu besar terhadap dunia blogger itu sendiri, BINUS UNIVERSITY kembali mengadakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membekali para mahasiswanya, sekaligus memberikan pengarahan terhadap trend blogger yang makin berkembang setiap tahunnya, mengikuti perkembangan teknologi internet itu sendiri.

Bertepatan di Kampus Anggrek BINUS, kegiatan seminar yang bekerja sama langsung dengan Open Rice, salah satu portal komunitas kuliner di Indonesia, diisi oleh kegiatan sharing session mengenai makanan yang dibawakan langsung oleh Hans Danial, selaku food travel and lifestyle blogger.

“Kami memiliki tujuan bahwa setiap orang bisa berbagi pengalaman tentang restraurant atau streetfood yang mereka coba. Bisa di katakan kami mencoba merangkul masyarakat untuk mereview eksperimen makanan tersebut. Dan pasar untuk situs ini dikalangan mahasiswa sangat menarik, maka kita mencoba mengajak mahasiswa BINUS UNIVERSITY untuk membagi pengalamannya,” ujar Sherly Bahari selaku Senior Business Manager Openrice.

Di dalam sharing sessionnya, Hans memberikan beberapa trik untuk angle foto terbaik, makanan yang memuaskan. Dalam sesi wawancara Hans juga menceritakan pengalamannya “Pertama kali berawal dengan iseng dari SMA  yang suka foto- foto makanan dan saya ingat pertama kali ini jadi bisnis karena penawaran agensi  untuk suatu gadget dan saya senang karena senior-senior blogger juga cukup membantu untuk budgeting honor saya. Jujur saat itu saya belum berpengalaman tentang budgeting itu,” ungkap Hans membagi cerita tentang manajemen waktunya untuk bisnis ini.

Dengan adanya seminar blogger ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa BINUS untuk lebih menekuni dunia blogger, agar trend blogger yang sedang ‘naik daun’ ini bisa disikapi dengan kegiatan yang positif. (PM)

DSC_0047 DSC_0067 DSC_0077 DSC_0099