BINUS UNIVERSITY

BINA NUSANTARA Raih 3 Penganugerahan pada “Indonesian Quality Award 2015”

Menyadari akan pentingnya kinerja yang ekselen dan sekaligus guna mencapai visi BINUS sebagai “A World-class University”, para BINUSIAN leaders mengikuti Penganugerahan Indonesian Quality Award (IQA) 2015 ke-11 pada Rabu (18/11) di Ballroom III, Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Penganugerahan IQA 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahwa kinerja ekselen sebagai elemen penting bagi perusahaan dalam bersaing dan berbagi informasi keberhasilan dalam penerapan strategi kinerja dan mendapat manfaat dari penggunaan strategi tersebut.

Yayasan Indonesia Quality Award atau Indonesian Quality Award Foundation (IQAF) ini didirikan pada tanggal 3 April 2006 oleh BUMN Executive Club (BEC) dan Forum Excellen BUMN dengan didukung oleh Kantor Kementerian BUMN. Visi dan misi dari IQAF itu sendiri yaitu senantiasa berperan aktif untuk mendorong organisasi, agar dapat memenangkan kompetisi nasional maupun di era Pasar Ekonomi ASEAN serta dalam menyikapi kondisi ekonomi global yang berimbas pada melemahnya kondisi ekonomi-sosial masyarakat saat ini.

Atas visi dan misi yang ada, maka penganugerahan ini mengangkat tema sebagai “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Implementasi Kinerja Ekselen” berbasis Baldrige Excellence Framework. Kriteria Kinerja Ekselen ini merupakan metode yang dapat “memotret” keseluruhan proses kinerja organisasi dan mampu menunjukkan peluang perbaikan berkelanjutan menuju pencapaian kinerja ekselen. Metode ini telah diterapkan di lebih dari 76 negara dan telah terbukti mampu meningkatkan kinerja dan daya saing organisasi sekaligus daya saing Nasional maupun Internasional.

Penganugerahan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2005 ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun terhadap perusahaan baik dilingkungan BUMN maupun Swasta. Penganugerahan tidak hanya diberikan kepada perusahaan yang berhasil mencapai kinerja dan pertumbuhan skor terbaik berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan dengan mengacu kepada Baldrige Excellence Framework, tetapi juga posisi Band pencapaian kinerja dari masing-masing perusahaan yang mengajukan aplikasi.

Terdapat 9 peserta IQA 2015 yang hadir, yaitu BINA NUSANTARA, Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa, Universitas Islam Bandung, PT Indonesia Comnets Plus (Icon Plus), PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ), PT Pembangkitan Jawa Bali, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS).

Pada ajang penghargaan ini, BINA NUSANTARA telah berhasil mendapatkan 3 buah piagam yaitu, 1 piagam silver sebagai 2nd Score Growth Achievement, 2 piagam gold sebagai IQA’s benchmark for Education Sector, dan Good Performance.

“Saya sangat senang dan bersyukur dengan perjuangan para civitas akademika, dan para BINUSIAN leaders yang ikut bersama-sama untuk meningkatkan kualitas sehingga kita bisa mencapai visi BINUS 20/20 menjadi A World-class University. Saya juga berharap agar tahun depan akan lebih baik lagi, dan kita bisa naik ke band yang berikutnya menjadi emerging industry leaders. Jadi masih perlu banyak perjuangan lagi,”ucap Bernard Gunawan selaku CEO BINA NUSANTARA. (MEL)