IMG_5163

BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, menyelenggarakan seminar sehari dalam rangka mempromosikan penggunaan metode pengajaran kreatif yang modern, seperti infografis, kepada para guru dan siswa, pada hari Rabu (7/10) tadi. Acara ini juga merupakan bagian dari acara Chevening Alumni Program (CAP) yang disponsori oleh pemerintah Inggris.

Pada penyelenggaraan acara ini, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, His Excellency Moazzam Malik, turut hadir untuk memberikan pidato singkatnya pada pembukaan seminar sehari tersebut.

“Saya sangat bahagia bisa hadir di sini. Seperti biasa, saya selalu bahagia bila bertemu dengan anak muda seperti kalian. Bertemu anak-anak muda, saya seperti bertemu dengan masa depan. Karena bagi saya, anak muda memiliki arti penting dalam menentukan masa depan,” ujar Malik.

Dalam kesempatannya tersebut, Malik juga mengingatkan pentingnya pendidikan bagi masa depan sebuah negara. Menurutnya, tanpa pendidikan, sebuah negara tidak akan mampu membangun kemampuan daya saingnya. Apalagi, Malik menambahkan, dengan potensi bangsa Indonesia yang sangat besar, akan sangat disayangkan jika bidang pendidikan tidak diperhatikan dengan baik.

“Sejak awal saya bertugas di Indonesia, saya berusaha meyakinkan teman-teman saya bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat penting dalam menentukan masa depan dunia. Keunikannya, jumlah penduduk yang besar, kelas menengah yang terus tumbuh, suasana bernegara yang demokratif, jumlah muslim terbesar, dan paling penting tingkat toleransi yang sangat baik, tentu akan hilang begitu saja tanpa peran pendidikan yang baik,” tegas Malik.

Untuk itu, Pemerintah Inggris berusaha mendukung Bangsa Indonesia untuk mengembangkan potensinya dengan kemitraan, utamanya di bidang pendidikan. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada para pelajar Indonesia melalui program Beasiswa Chevening, yang tahun ini menurut Malik mengalami peningkatan dana hingga mencapai tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa global dari pemerintah Inggris yang telah berjalan selama 30 tahun. Pada tahun 2015 sebanyak hampir 70 orang Indonesia didanai untuk melanjutkan berbagai macam studi Pasca Sarjana di Inggris. Kedutaan Besar Inggris saat ini tengah membuka kesempatan pendaftaran beasiswa bagi tahun depan. Untuk detil informasinya lihat www.chevening.org/apply. Dengan 44.000 alumni di seluruh dunia dan 1.300 alumni di Indonesia, alumni Chevening merupakan jaringan global yang sangat dihormati dan berpengaruh. (RAW)